Daftar Isi

STRATEGI PEMASARAN BISNIS ONLINE

Bisnis online merupakan sektor usaha yang sedang mengalami booming. Disamping terkesan mudah, bisnis online juga bisa dilakukan dengan modal yang kecil. Bagi para remaja yang ingin mencoba terjun ke dunia usaha, bisnis online bisa menjadi pilihan yang baik dan riil. Artinya usaha bisnis ini bisa dijalankan oleh siapapun dengan berbagai kemampuan dan kapasitas permodalan. Kunci utama dari bisnis online ini adalah kemauan, ketekunan dan semangat pantang menyerah. Karena tidak seperti usaha bisnis lain yang bisa mendapatkan penerimaan penjualan dalam waktu singkat. Keberhasilan bisnis online ini sangat ditentukan oleh tingkat kepercayaan konsumen terhadap bisnis yang kita tawarkan dan reputasi kita sebagai pemilik perusahaan tersebut. Oleh karena itu, strategi utama pemasaran bisnis online adalah membangun reputasi.

Berkut ini beberapa tips yang bisa dijadikan sebagai strategi pemasaran bisnis online.

  • Langkah paling efektif yang harus dilakukan saat memulai bisnis online adalah membuat situs web atau blog. Buat nama dan alamat situs web yang mudah diingat, sehingga akan memudahkan merk Anda dikenal secara luas.
  • Tampilkan secara jelas informasi tentang profil Anda atau perusahaan Anda juga informasi kontak yang bisa dihubung, seperti nomor ponsel, PIN BB, atau email. Dengan informasi profil yang jelas dan lengkap maka akan membantu konsumen atau calon konsumen mencari informasi lebih detil tentang produk Anda. Selain itu, juga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap Anda.
  • Jika bisnis Anda berbasis penjualan dalam bentuk barang, sebaiknya pilih barang yang berkualitas dan unik. Usahakan barang yang Anda tawarkan tidak atau jarang tersedia di pasaran sehingga konsumen merasa kesulitan untuk mencari barang tersebut selain di situs Anda.
  • Berikan garansi jika spesifikasi tidak sesuai dengan yang Anda tawarkan.
  • Selalu aktif di jejaring sosial, always on, seperti Google Plus, Facebook, Twitter, LinkedIn, da, sebagainya. Aktivitas di jejaring sosial ini bertujuan untuk mempromosikan situs web atau blog yang Anda buat. Carilah teman sebanyak-banyaknya, jika memungkinkan, seleksi teman yang disesuaikan dengan sasaran bisnis Anda.
  • Berikan pelayanan terbaik, karena pelayanan yang baik akan meningkatkan reputasi Anda di dunia maya. Saat reputasi Anda sudah terbangun, maka Anda tinggal menikmati hasil jerih payah di dunia maya.
  • Sediakan konsultasi gratis, baik melalui email atau pesan chatting dari jejaring sosial yang Anda ikuti. Konsultasi ini bertujuan untuk meyakinkan konsumen bahwa bisnis yang Anda tawarkan benar-benar dibutuhkan oleh konsumen. Disamping itu, konsmen juga akan lebih yakin jika mereka telah benar-benar melakukan kontak dengan Anda. Perilaku konsumen ini muncul sebagai akibat banyaknya penipuan dari dunia maya. Yakinkan bahwa Anda bukan salah satu dari mereka.
  • Jika produk yang Anda tawarkan dalam bentuk jasa, maka selesaikanlah sesuai dengan waktu yang telah disepakati. Tepat waktu merupakan ceriman disiplin seseorang. Pelayanan yang tepat akan menaikkan reputasi Anda dan meningkatkan kepercayaan konsumen.
  • Pasang iklan produk Anda di situs jual beli, atau melalui layanan periklanan seperti google adsense. Pemasangan iklan ini penting, karena produk Anda akan ditampilkan di ribuan situs web atau blog.
  • Ikuti program belajar SEO. SEO adalah sebuah teknik atau strategi agar blog yang kita buat mampu bersaing memperebutkan posisi halaman pertama di mesin pencari berdasarkan kata kunci yang kita target. Dengan mengikuti panduan SEO, maka blog yang Anda buat bisa bersaing dengan blog-blog lain di halaman pertama mesin telusur. Dengan demikian, potensi pengunjung tertarget di bloga Anda semakin tinggi.
  • Buat katalog sederhana dengan gambar ilustrasi yang menarik tentang produk yang ditawarkan dan pelajari target market untuk menentukan jenis, harga, dan kualitas barang.
  • Sertakan beberapa tips perawatan terhadap produk yang Anda tawarkan.
  • Minta testimoni dari pelanggan, lalu tulis di blog pribadi pelanggan, sekaligus sebagai media promosi gratis ke teman-teman pelanggan tersebut.
  • Update produk secara berkala, karena konsumen menyukai dengan model atau kreasi terbaru, dan berharap mereka menjadi konsumen pertama yang memilikinya.
  • Buat harga yang bersaing dan sesuai dengan kemampuan finansial konsumen sasaran Anda, sehingga produk yang Anda tawarkan lebih terjangkau.
  • Cari informasi pengiriman di daerah Anda yang paling efisien.

Blog Archive