Daftar Isi

MENGENAL Ch'i DALAM FENG SHUI

Bangsa Cina kuno meyakini bahwa seekor naga hijau atau macan putih hidup di setiap kaki gunung atau bukit. Dua binatang tersebut melambangkan lokasi yang sempurna untuk pembangunan rumah atau tempat tinggal. Mereka juga meyakini bahwa naga hijau tersebut mengeluarkan engergi Ch’i malalui nafas yang dikeluarkan, sehingga Ch’i sendiri seringkali disebut dengan Nafas Naga.

Ch’i adalah sebuah energi kehidupan alam. Ch’i bekumpul di daerah yang berdekatan dengan aliran air yang tenang dan terbentuk pada saat segala hal terselesaikan dengan sempurna. Seorang pencipta lagu yang berhasil menciptakan sebuah lagu dengan melodi indah bisa juga disebut telah menciptakan Ch’i. Seorang penulis sebuah senata juga disebut telah menciptakan Ch’i. Seorang yang telah membuat kue kue yang enak dan pemain tenis yang berhasil membuat skor dengan “Ace” juga telah menciptakan Ch’i.

Untuk bekerja secara efektif, maka kita perlu mendorong energi Ch’i sebanyak mungkin ke dalam rumah. Energi Ch’i dapat bersifat positif dan negatif, sebagai contoh air yang mengalir dengan tenang akan dapat menciptakan Ch’i yang positif sedangkan air yang diam tidak mengalir akan menciptakan Ch’i yang bersifat negatif. Secara alamiah, tentu saja kita akan berusaha memperoleh Ch’i yang bersifat positif dan menghilangkan energi Ch’i yang bersifat negatif. Ch’i harus dirawat dan dikumpulkan. Energi Ch’i mudah sekali tersebar dan berhamburan kemana-mana karena adanya tiupan angin kencang dan aliran air deras. Oleh karena itu kita memerlukan energi Ch’i yang bersifat positif dan berkualitas baik.

Blog Archive