Daftar Isi

5 UNSUR KEHIDUPAN DALAM FENG SHUI

Dalam Feng Shui, kita juga menggunakan 5 unsur yang biasanya digunakan dalam Astrologi China: Kayu, api, tanah, logam dan air. Bangsa Cina percaya bahwasanya semua benda yang ada di alam semesta ini termasuk ke dalam salah satu dari ke-5 unsur tersebut. Unsur-unsur tersebut melambangkan 5 cara bagaimana energi Ch'i diwujudkan. Tahun kelahiran Anda akan menentukan elemen-elemen mana yang paling penting terhadap diri pribadi Anda. Sebenarnya, jika Anda memiliki sebuah horoskop Cina, maka Anda akan menemukan bahwasanya diri Anda memiliki hampir semua unsur tersebut di atas. Seorang ahli Astrologi akan mampu untuk menyeimbangkan dan menafsirkan perbedaan bobot dari setiap unsur yang baik yang ada dalam horoskop yang Anda miliki. Ke-5 elemen tersebut, saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Kayu yang terbakar memunculkan api. Setelah api tersebut padam, maka munculah tanah. Dari tanah tersebut, kita akan mendapatkan berbagai logam (emas,perak) dan logam-logam tersebut mencair dan melambangkan produksi air. Akhirnya, air tersebut menghidupi berbagai tanaman dan menghasilkan kayu. Di sini, terciptalah sebuah siklus energi yang senantiasa berputar.

Unsur-unsur tersebut juga memiliki bentuk yang bervariasi. Api berbentuk segitiga, tanah berbentuk persegi, logam berbentuk bulat, air berbentuk kurva dan horizontal, serta kayu berbentuk persegi panjang dan vertikal. Bentuk—bentuk tersebut banyak digunakan sebagai pedoman oleh para arsitek ketika merancang sebuah gedung untuk tujuan khusus, yaitu sebuah gedung yang berfungsi sebagai tempat urusan proyek-proyek keuangan seringkali akan dirancang mengikuti bentuk logam.

KAYU
Warna : Hijau
Musim : Semi
Arah : Timur
Bentuk : Persegi panjang dan vertikal
Hewan : Naga
Sifat baik : Kebajikan
Kualitas : Loyalitas


Unsur kayu bersifat kreatif. Jika kayu ini lebih dominan dalam sosok pribadi Anda dibandingkan dengan unsur kehidupan yang lain, maka Anda akan senantiasa mengekspresikan kepribadian Anda dalam bentuk keserasian dan kekreatifan. Unsur kayu ini bersifat merawat unsur yang lainnya dan melambangkan humanitarianisme, tali kekerabatan yang kuat dan pemikiran-pemikiran yang baru. Tanaman-tanaman hidup, bunga-bunga yang segar dan obyek-obyek hijau lainnya merupakan perwujudan dari unsur kayu. Gedung-gedung bank di Cina dan Hongkong merupakan contoh nyata dari gedung dengan bentuk kayu ini.

API
Warna : merah
Musim : panas
Arah : selatan
Bentuk : segitiga
Hewan : burung phoenix
Sifat Baik : kesopanan
Kualitas : logis dan rasional

Unsur api dapat memberikan energi dan antusiasme. Oleh karena itu, orang yang termasuk dalam unsur api secara alamiah akan cenderung untuk menjadi seorang pemimpin. Hal ini berkaitan dengan peruntungan baik dan kemasyhuran. Akan tetapi, api tidak selalu bersifat menghangatkan dan menguatkan tetapi api juga dapat membakar. Manusia yang memiliki jumlah kandungan api yang ideal akan cenderung untuk memiliki kepribadian yang adil, terhormat dan baik budi. Sedangkan manusia yang memiliki kandungan api terlalu banyak akan cenderung memiliki kepribadian yang kritis, suka berbicara kotor dan suka iri melihat kesuksesan orang lain.

Lilin, wadah kemenyan, dan benda-benda yang memiliki warna merah adalah representasi unsur api tersebut.

Pintu gerbang Louvre yang berbentuk piramid adalah contoh struktur bangun yang berbentuk api sedangkan bentuk gedung Louvre sendiri adalah contoh struktur bangun yang berbentuk air. Gabungan dari kedua unsur tersebut dapat menghasilkan kekuatan dan energi yang cukup besar sehingga mampu menarik ribuan wisatawan dari seluruh penjuru dunia.

TANAH
Warna : kuning
Musim : panas india
Arah : tengah
Bentuk : persegi
Hewan : banteng
Sifat Baik : beriman
Kualitas : kejujuran

Unsur tanah dapat memberikan unsur kestabilan, kepercayaan dan sifat-sifat umum baik lainnya, seperti: sabar, jujur, setia, seimbang dan disiplin. Manusia yang memiliki unsur tanah akan cenderung untuk memiliki kepribadian yang simpatik dan bertanggung jawab. Akan tetapi, manusia dengan unsur tanah juga dapat menjadi pribadi yang terlalu banyak menuntut dan tidak mau untuk berkembang dan berubah. Benda-benda yang berwarna kuning dan benda-benda yang terbuat dari bahan lempung, gerabah dan juga keramik merupakan representasi Unsur tanah tersebut. Mayoritas rumah pada umumnya mempunyai bentuk persegi. Hal ini menunjukkan jika rumah-rumah tersebut berbentuk tanah.

LOGAM
Warna : putih (dan warna-warna metalik, termasuk emas)
Musim : gugur
Arah : barat
Bentuk : bundar
Hewan : macan
Sifat Baik : kebenaran
Kualitas : kejernihan pikiran

Unsur logam adalah lambang kesuksesan dalam bidang keuangan dan bisnis. Unsur ini juga melambangkan pemikiran yang jernih dan moral yang baik. Selain itu, unsur logam juga dapat melambangkan sebuah pisau atau pedang. Hal ini berarti jika unsur logam juga bisa menjadi kejam. Hal ini terwujud dalam kepribadian dengan emosi yang meledak-ledak dan kurang terfokusnya konsentrasi. Lonceng dan benda-benda lain yang terbuat dari bahan logam merupakan representasi dari unsur logam tersebut.

AIR
Warna : hitam dan biru
Musim : dingin
Arah : utara
Bentuk : kurva dan horizontal
Hewan : penyu
Sifat Baik : kebijaksanaan
Kualitas : ketekunan

Air melambangkan pengetahuan, kebijaksanaan, komunikasi dan perjalanan. Air dapat bersifat lemah lembut (hujan ringan) tetapi bisa juga bersifat keras (badai hurricane). Air sangatlah penting bagi kehidupan yang ada di muka bumi ini. Selain itu, air juga dapat menjadi sumber makanan bagi seluruh mahluk hidup. Akan tetapi, air juga dapat menghancurkan batu yang paling keras sekalipun. Kolam ikan, air mancur hias dan benda-benda lain yang berwarna hitam, biru serta benda-benda yang mengandung air merupakan representasi dari unsur air tersebut. Gedung parlemen di kota London adalah contoh gedung dengan bentuk air.

SHAR
Shar seringkali disebut sebagai "panah beracun". Shar tersebut muncul karena adanya garis lurus dan sudut yang cukup tajam. Sebuah jalan yang mengarah lurus ke arah rumah Anda akan dapat memicu munculnya Shar. Selain itu, jalan setapak yang mengarah lurus ke depan rumah Anda juga bisa menjadi penyebab munculnya Shar. Rumah tetangga sekeliling Anda juga bisa menjadi penyebab kemunculan Shar. Jika rumah tetangga Anda bersudut 45 derajat terhadap rumah yang Anda tempati, maka kemungkinan besar rumah tersebut juga akan menjadi penyebab munculnya Shar pada rumah Anda. Deretan atap juga dapat menimbulkan Shar.

Untungnya, dalam Feng Shui terdapat berbagai cara perbaikan bagi setiap hal yang bersifat negatif, termasuk Shar tersebut di atas. Jika wujud Shar tersebut tidak kasat mata, maka kita dapat mencegahnya agar tidak menampakkan diri. Oleh karena itu, pagar buatan atau pagar yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan dapat digunakan sebagai sarana yang dapat mencegah kemunculan Shar tersebut untuk kemudian menghilangkannya. Cermin juga dapat digunakan sebagai sarana untuk perbaikan. Bentuk cermin yang dianggap sempurna adalah cermin yang berbentuk bundar dengan panjang diameter kurang lebih satu atau dua inci dan dipasang pada tengah-tengah papan kayu yang berbentuk persegidelapan. Di sekitar cermin tersebut, dipasang 8 Trigram I Ching. Keberadaan Trigram sangatlah penting karena dapat membuat cermin tersebut menjadi lebih aktif. Cermin yang bersifat aktif tersebut dikenal dengan sebutan cermin Pa-Kua.

Cermin tersebut, kemudian dipasang pada bagian rumah yang mengarah secara langsung dengan Shar. Secara simbolis, cermin tersebut akan memantulkan kembali setiap Shar yang datang ke rumah Anda.

Kebanyakan penduduk Hongkong seringkali terlibat dalam "perang cermin". Ketika ada seseorang yang melihat adanya Shar yang sedang menuju ke arahnya maka dia akan menegakkan cermin Pa-Kuanya untuk mengirimkannya kembali. Melihat hal tersebut, tetangganya juga akan menegakkan cermin miliknya.

Hal ini akan membuat para tetangga yang lain untuk mengikuti tindakan tersebut. Tindakan tersebut akan akan menjadi sarana yang efektif untuk memajukan dan memundurkan Shar yang datang.

Blog Archive