Daftar Isi

MENANGKAP PELUANG USAHA BISNIS DI RUMAH

Banyak orang meragukan usaha bisnis di rumah mampu menghasilkan uang dalam jumlah banyak. "Mengapa harus bekerja di rumah? Anda hanya menghasilkan sedikit uang." Demikan bahasa tersebut biasanya keluar diri orang-orang yang tidak pernah memahami peluang usaha bisnis di rumah. Paling tidak, untuk saat sekarang ini, tahun 2013 ini, saat artikel ini dibuat, penghasilan Rp 8 juta/bulan dengan membuka usaha bisnis sampingan dirumah apakah Anda akan mengatakan itu kecil? Bagaimana jika usaha bisnis sampingan itu kita kembangkan dengan serius dan kita jadikan sebagai usaha pokok? Bukankah itu merupakan peluang usaha bisnis bagi siapa saja yang jeli dan mampu memahami?

Biasanya orang akan berkata sepintas lalu, "Saya nggak habis pikir bagaimana bisa menghasilkan sebanyak itu. Seberapa banyak uang harus diinvestasikan untuk memperoleh penghasilan sebanyak itu." Atau ada juga yang sedikit tertarik dengan usaha bisnis di rumahdan mengatakan, "Beritahu saya caranya bisa berdagang seperti itu."

Percayalah Anda Mampu dan akan Melakukannya Maka Usaha Bisnis Anda Berjalan

Beribu-ribu orang akan menanggapi hal tersebut seraya berkata, "Saya tidak pernah percaya bahwa metode usaha bisnis dirumah mampu mendatangkan kesuksesan yang besar ". Ketidak percayaan inilah yang merupakan penyebab orang terlalu lama untuk bangkit dan meraih keberhasilannya. Kalau kita tidak percaya diri untuk memulai usaha bisnis di rumah, berarti secara tidak langsung kita telah membiarkan orang lain menangkap peluang tersebut, ingat!

Mulai sekarang, tetapkanlah rasa percaya diri itu, gali dan temukan peluang usaha bisnis Anda di rumah. Mari kita lihat bagaimana metodenya untuk memulai usaha bisnis di rumah.

Ketahuilah Cara Memperoleh Pendapatan dari Usaha Bisnis di Rumah

Pengetahuan merupakan kekuatan. Anda harus yakin bahwa Anda bisa menghasilkan pendapatan dari usaha di rumah dan ini akan memudahkan Anda memulainya. Jika Anda mempelajari bagaimana orang kebanyakan berhasil, akan ditemui bahwa pada umumnya mereka bergerak di salah satu dari empat jenis usaha ini: jasa, produsen, pengiriman pesanan, dan keahlian pribadi.

Coba bayangkan bahwa seseorang yang bekerja di rumahnya sendiri. Saya yakin Anda akan menemukan bahwa orang tersebut akan menjadi berhasil meraih sukses dalam salah satu kategori jenis usaha di atas. Dengan demikian, pengetahuan keempat kategori jenis usaha di atas menjadi sangat penting. Marilah kita perhatikan satu persatu dari keempat kategori tersebut.

Usaha Bisnis Jasa yang Lagi Trend

Sekarang banyak orang menghabiskan uangnya untuk membayar jasa pelayanan seperti: mencuci, binatu, reparasi, dan sebagainya. Pengalokasian dana untuk biaya ini sama besarnya dengan biaya untuk makan, pakaian dan hiburan. Mengapa biaya pelayanan jasa menjadi begitu mahal? Tentu ada beberapa alasan.

Jaman sekarang, orang makin sibuk. Mereka hanya mempunyai sedikit waktu untuk mencuci, membersihkan dan merawat barang yang dimiliki. Lebih rumit lagi jika mereka harus mengurusi barang seperti kendaraan, mesin cuci, TV, karena semua barang ini tentu memerlukan perawatan yang berbeda.

Umumnya orang tidak memiliki ketrampilan atau tidak mau memperbaiki barangnya, jika benda mahal itu rusak. Tak ada pilihan lain, tukang service.

Perkembangan teknologi dan informasi ini menyebabkan orang makin senang memakai jasa pelayanan dan membayarnya. Misalnya, seorang wanita yang memiliki cukup uang, akan membawa pakaiannya ke binatu daripada ia yang harus mencucinya.

Mungkin Anda tidak sempat mencuci mobil dan motornya setiap Minggu. Mungkin Anda ingin melakukan olahraga, atau menganggur dan bersantai. Tentu saja Anda membutuhkan seorang jasa pencuci mobil atau jika Anda memiliki cukup uang, maka Anda akan membawanya ke tempat pencucian mobil dan motor.

Seiring dengan berlalunya waktu, tidak sedikit orang yang terus membelanjakan banyak uang untuk membayar usaha jasa seperti tadi. Semakin lama, biaya membayar jasa akan lebih besar daripada biaya untuk makan, mimum, obat, dan lain-lain.

Anda bisa memulainya dari sini. Dengan usaha jasa yang dilakukan dari rumah Anda. Jenis usaha jasa yang Anda pilih harus disesuaikan dengan kondisi tempat, lingkungan, sosial dan budaya masing-masing. Anda bisa meluangkan waktu untuk jalan-jalan lingkungan atau kompleks tempat tinggal, catatlah semua peluang yang bisa diambil, luangkan waktu paling lama satu minggu untuk merenungkan peluang yang Anda catat, dan DAPATKAN INSPIRASI TERBAIK.

Usaha Manufactur Menghasilkan Keuntungan Besar

Jika Anda bepergian ke areal industri, cobalah telusuri seluruh pelosok daerah ini, Anda akan melihat banyak pabrik dibangun untuk memproduksi aneka produk seperti kendaraan, truk, pesawat terbang, kompor, lemari es, dan lain sebagainya. Pabrik yang seperti ini tentu mengeluarkan biaya yang besar untuk gaji karyawan.

Mungkin Anda bertanya, "Bagaimana mungkin dapat bersaing dengan pabrik seperti ini? Dari mana saya mendapatkan uang untuk membeli mesin?" Jawabannya sederhana saja. Jika Anda memproduksi barang, konsentrasikan hanya pada salah satu produk yang apabila produk ini dibuat di pabrik besar akan memakan biaya yang besar pula. Anda juga harus mengetahui produk mana yang mudah dibuat, produk yang tidak memerlukan investasi mesin yang mahal.

Kunci rahasia dalam memproduksi barang di antaranya:
  • Produk yang sederhana.
  • Tahap produksi yang sedikit.
  • Produksi yang cepat.
  • Bahan baku yang murah.
  • Upah yang rendah.
  • Mudah atau tidak menggunakan mesin produksi.
  • Bisa diproduksi dalam jumlah besar.
Anda harus memperhatikan tujuh langkah tadi dalam memproduksi suatu barang. Jika tidak mencakup seluruhnya, tapi sebagian besar sudah terpenuhi, Anda bisa memulainya.

Usaha Bisnis Pelayanan Pesanan

Salah satu keuntungan terbesar yang bisa diraih dalam usaha di rumah adalah jasa pelayanan pesanan. Mengapa demikian? Karena bisnis ini adalah yang paling ideal untuk dikerjakan di rumah. Usaha bisnis ini mencakup:
  • Operasi yang sederhana.
  • Memerlukan investasi ringan.
  • Membutuhkan bantuan yang sedikit.
  • Dapat dioperasikan di mana saja.
  • Mudah dikembangkan.
  • Mampu menjual produk dalam jumlah besar.
  • Sangat ideal untuk usaha keluarga.
  • Banyak keuntungan yang diperoleh.
  • Tidak memerlukan pengalaman.
  • Bisa dilakukan oleh orang tua atau muda.
  • Merupakan bisnis yang ideal untuk mengisi waktu senggang.
Anda bisa menghasilkan banyak keuntungan dalam usaha ini, apalagi jika menerapkan latar belakang dan pengalaman yang unik. Setiap orang tentu memiliki pengetahuan tersendiri yang berbeda dari orang lain. Jika pengetahuan ini diterapkan dalam usaha bisnis, tentu Anda akan mampu memperoleh penghasilan hanya dalam beberapa hari.

Gunakan Keahlian Pribadi Menjadi Usaha Bisnis

Setiap orang tentu memiliki ketrampilan yang unik. Misalnya, jika Anda adalah seorang yang kebetulan lebih mengetahui cara mereparasi traktor daripada orang lain di sekitarnya. Atau, jika Anda adalah seorang wanita yang mengetahui cara memanggang roti yang enak. Dengan ketrampilan apa saja, sebetulnya seseorang sudah dapat menghasilkan pendapatan dengan bekerja di rumah. Jika memakai ketrampilan di rumah, kita akan memperoleh beberapa keuntungan, yaitu:

Penghematan biaya sewa kantor atau toko. Menghemat ongkos pulang-pergi kerja. Punya waktu lebih banyak untuk berusaha. Mampu menciptakan bisnis lokal.

Banyak pabrik besar dulu beroperasi di ruang garasi, ruang bawah tanah atau lantai atas yang tidak terpakai. Kebetulan saya tahu beberapa perusahaan elektronik yang memulai usahanya seperti ini. Usaha lain yang juga memulai dari tempat seperti ini misalnya: jual dan beli real estate, penjualan telepon, makanan ternak, usaha pengembangbiakan ternak, pengembangbiakan tanaman dan lain-lain.

Salah satu pengalaman menarik yang akan dimiliki dalam hidup adalah ketika berhasil memperoleh pendapatan di rumah dengan ketrampilan sendiri. Anda akan dapat membayangkan mengapa orang jaman dulu merasa puas bekerja di rumah. Orang jaman dulu ini tidak merasa khawatir bagaimana menurunkan ilmunya pada anaknya, sebab mereka tahu anaknya akan merasa puas menerima pekerjaan dari orang tuanya.

Pelajarilah Cara-cara yang Lain

Sebenarnya ada banyak cara untuk memperoleh keuntungan dari setiap usaha. Hampir semuanya mencakup satu atau beberapa usaha berikut: jasa pelayanan, manufaktur, pengiriman pesanan atau jasa ketrampilan.

Buktikan Anda Mampu Memperoleh Pendapatan

Banyak orang tidak yakin bahwa sebenarnya mereka bisa memperoleh penghasilan. Mereka berkata, "Ya, si Dia dapat menghasilkan uang karena bekerj a di garasinya. Tapi saya tidak beruntung seperti dia. Lagi pula, dia lebih pintar dari saya."

Dan Anda akan merasa heran bila bertemu dengan si Dia dan mengetahui siapa dia sebenarnya. Apakah ia memang pandai seperti kata orang? Menurut penelitian yang dilakukan para ahli, orang yang sudah berhasil biasanya memiliki ambisi lebih daripada yang lainnya. Karena ambisi yang demikian besar, mampu menutupi kekurangan yang tidak dimiliki seperti ketrampilan, pendidikan, kemampuan otak, dan lain-lain.

Mereka yang berhasil biasanya menyenangi bekerja di rumah karena di sana mereka merasa tidak terikat oleh peraturan ketat. Banyak gagasan besar ditemukan di lantai bawah, di dapur atau di lantai atas. Kini, mereka yang dulu kekurangan uang telah menikmati hasilnya, dan banyak uang mengalir ke kantong dan kasnya.

Marilah kita mengetahui seberapa jauh rasa percaya diri yang kita miliki. Saya yakin, Anda pasti memiliki rasa percaya diri yang diperlukan.

Kadang-kadang ragu dalam usaha bisnisnya.

Sekarang kita lihat fakta penting dan menarik. Dalam banyak hal, orang yang baru mumulai usaha bisnisnya sangat berbeda dengan orang yang sudah berhasil dalam usaha bisnisnya. Tipe pemula ini biasanya mengkhawatirkan jumlah uang yang harus ia bayar dan keputusan yang diambil. Orang yang sudah berhasil ternyata saat merintis dan memulai usaha bisnisnya mereka mampu untuk :
  • Melupakan kegagalan masa lalunya.
  • Tidak takut terhadap mempertaruhkan investasi.
  • Menyukai persaingan karena persaingan itu berguna dalam usaha.
  • Mengabaikan keluhan keluarga yang hanya bersifat sementara.
  • Cepat membuat keputusan.
  • Tidak takut menanggung resiko.
  • Yakin akan keberhasilan usahanya.
Maka dari itu, milikilah rasa percaya diri terhadap kemampuan Anda dan Anda tinggal menunggu waktu saja bahwa keberhasilan yang gilang-gemilang akan Anda raih.

Perhatikan Berbagai Prestasi Para Pelaku Usaha Bisnis Lain

Banyak wirausahawan besar yang ada sekarang ini dulu memulai usaha bisnisnya di rumah orang lain. Satu di antaranya dimulai dari sebuah rumah kontrakan oleh pasangan yang baru menikah. Yang lainnya bahkan memulainya dari halaman belakang rumah orang lain. Sekarang usaha mereka telah menghasilkan puluhan bahkan ratusan juta rupiah per bulan.

Perhatikan beberapa prestasi usaha pada setiap orang yang Anda temui atau keberhasilan wirausahawan besar yang pernah Anda ketahui. Bacalah kisah-kisah orang sukses tersebut, maka Anda akan terinspirasi untuk mengikutinya. Jika mereka bisa berhasil, tentu Anda juga bisa. Marilah kita mulai dari sini dan sekarang juga dan usaha bisnis Anda akan segera terlahir dan menjadi besar.

Blog Archive