Daftar Isi

PERENCANAAN MEMBANGUN USAHA BISNIS DI RUMAH

Setelah Anda merasa siap dan mempunyai bekal yang cukup untuk memulai dan menjalankan usaha bisnis, langkah selanjutnya adalah membuat perencanaan. Perencanaan sangat penting dilakukan sebelum Anda memulai usaha bisnis agar nantinya bisnis berjalan dengan baik. Perencanaan yang baik menentukan bagaimana masa depan bisnis Anda. Untuk itu agar bisnis rumahan Anda bisa sukses dan berhasil, buatlah perencanaan dengan matang agar tidak menimbulkan kesulitan di kemudian hari. Adapun langkah-langkah yang bisa Anda lakukan dalam membuat perencanaan, antara lain:

BERUSAHA MENGENALI LINGKUNGAN

Lingkungan sangat penting artinya bagi kelangsungan usaha bisnis yang akan kita bangun. Tanpa lingkungan yang kondusif tentu saja akan sedikit merepotkan usaha bisnis yang akan kita bangun. Lingkungan sangat berperan dalam memberi warna usaha bisnis kita. Terutama sekali berkaitan dengan perijinan yang dalam hal ini melibatkan lingkungan. Banyak sekali pengaruh lingkungan terhadap perkembangan suatu usaha bisnis. Apalagi jika usaha bisnis yang kita bangun bersifat bisnis rumahan. Bisnis rumahan adalah bisnis yang dilakukan dengan memanfaatkan rumah sebagai lahan bisnis. Dalam bisnis rumahan, kegiatan bisnis berpusat di rumah meskipun ada kegiatan yang dilakukan di luar rumah.

Kenalilah lingkungan tempat tinggal Anda, usaha bisnis apakah yang cocok dan berpotensi di lingkungan sekitar tempat tinggal Anda? Apakah cocok untuk jenis usaha dalam bidang jasa, toko, produsen, telekomunikasi, kuliner dan lain-lain? Contoh bisnis rumahan dalam bidang jasa adalah rental, laundry, bengkel, game center, sewa buku dan lain-lain. Toko atau produsen yang pantas dijadikan bisnis rumahan adalah toko kelontong, toko mainan, toko buku, produsen pembuat pakaian anak, pakaian dewasa, Bistro dan lain-lain. Bisnis dalam bidang telekomunikasi misalnya warnet, counter pulsa, wartel dan lain-lain. Dan masih banyak ide-ide bisnis rumahan lainnya yang bisa menjadi pilihan sesuai dengan lingkungan tempat tinggal Anda.

LAKUKAN SURVEI PASAR

Salah satu hal yang perlu dilakukan dalam memulai usaha bisnis ialah melakukan survei pasar. Apakah barang yang atau jasa yang kita tawarkan berguna atau tidak, banyak dibutuhkan atau tidak, mudah untuk memperoleh barang-barang yang diperlukan atau tidak, bagaimanakah sifatnya, apakah nantinya bisa berlanjut atau hanya musiman yang jika musimnya habis maka usaha akan berhenti, dan seterusnya. Hal itu dipelajari sebelum dan pada saat membangun usaha bisnis. Pasar di sini ialah konsumen yang nantinya akan menjadi sasaran dalam usaha bisnis tersebut. Dengan mengenali pasar, maka usaha bisnis yang Anda jalankan akan lebih cepat berkembang. Dan itu bisa berawal dari usaha bisnis di rumah. Berpikirlah menjadi pemenang, maka Insya Allah Anda akan menang. Tidak ada yang tidak mungkin selama Tuhan menghendaki.

MENCARI PELUANG

Dalam mencari peluang usaha bisnis yang sesuai dengan keinginan dan memiliki prospek yang cukup bagus untuk berkembang memang agak sulit. Untuk mencari peluang usaha bisnis yang tepat, Anda perlu mengenali lingkungan sekitar. Kebutuhan yang paling sulit atau bahkan belum terpenuhi bisa menjadi peluang untuk bisnis Anda.

Jika semuanya sudah tersedia di lingkungan dan Anda ingin membangun usaha yang sama dengan tetangga, maka ciptakan kreasi baru yang unik sehingga nantinya akan memiliki pembeda dan usahakan memiliki nilai tambah. Namun, hal yang harus Anda terapkan ialah jangan pernah menggunakan cara curang untuk mendapatkan keuntungan, tetapi lakukan kompetisi secara sehat, tidak menggunakan manipulasi. Biarlah konsumen yang menentukan sendiri mau memilih yang mana.

Jika tidak cukup data atau informasi untuk mencari peluang usaha bisnis, hal tersebut tidak berarti bahwa Anda tidak memulai atau menunda membangun usaha bisnis. Mencari peluang bisa terus dilakukan sambil mengembangkan usaha bisnis Anda. Sehingga usaha bisnis yang tadinya belum berkembang, secara perlahan bisa berkembang.

MENENTUKAN JENIS USAHA BISNIS DI RUMAH

Banyak sekali ide usaha bisnis yang bisa dikembangkan di rumah untuk menambah penghasilan, bahkan bisa dijadikan penghasilan utama jika Anda bisa mengelolanya dengan sangat baik. Sebelum menentukan jenis usaha bisnis rumahan yang akan dijalankan, kumpulkan ide-ide usaha yang bisa Anda lakukan. Adapun caranya ialah:
  • Ambil kertas dan pulpen.
  • Tuliskan ide-ide bisnis yang ada dalam pikiran Anda sampai tidak ada lagi ide dalam benak Anda (sampai mentok).
  • Berilah tanda ide-ide bisnis yang Anda inginkan atau impikan.
  • Tandailah yang sesuai dengan minat dan bakat Anda, atau yang Anda mempunyai keahlian di dalamnya.
  • Pilihlah yang cocok atau sesuai dengan lingkungan tempat tinggal Anda, kemampuan Anda dan yang menjadi impian anda selama ini.
Tetapkan pilihan Anda dengan tepat dan mantapkan dengan mencari informasi yang mendukung usaha anda. Jangan mudah terombang-ambing dengan banyaknya saran dari teman atau kolega Anda. Mulailah jika Anda merasa yakin dan siap untuk menjalankannya. Jangan terlalu lama memikirkannya, menunggu sampai benar-benar sempurna, tetapi segeralah mencoba karena hal itu sebagai wujud bahwa Anda percaya diri dan mampu, tidak pesimis dan selalu memandang buruk masa depan karena ketakutan-ketakutan yang Anda pikirkan.

Blog Archive