Daftar Isi

USAHA BISNIS MAKANAN

Usaha bisnis makanan merupakan salah satu peluang sebagai alternatif upaya peningkatan ekonomi rumah tangga. Kebutuhan akan pangan seolah tak pernah mati. Selama manusia masih berpijak di bumi, selama itu pula kebutuhan akan pangan tetap ada. Sudah menjadi rahasia umum, bahwa pangan adalah salah satu kebutuhan manusia yang paling mendasar untuk melangsungkan hidupnya. Karena alasan itulah, bisnis di bidang kuliner jarang sepi penghuni. Persaingan antar pelaku bisnis ini pun semakin ketat. Karena itu ide-ide kreatif dalam menciptakan jenis makanan baru sangat dibutuhkan agar produk tak kalah bersaing di pasaran. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam usaha produksi makanan antara lain:
  • Rasa makanan harus enak dan unik.
  • Tampilan harus menarik. Untuk membuat tampilan yang menarik, Anda dapat menggunakan bahan pewarna makanan yang tidak membahayakan kesehatan. Selain itu, Andajuga d apat membuat variasi bentuk. Misalnya, sosis yang biasanya berbentuk bulat dan memanjang dibuat bentuk bunga, bintang dan lain-lain.
  • Gunakan bahan-bahan yang aman dikonsumsi.
  • Kemas yang rapi.
  • Beni merk hasil produksi Anda.
  • Gali kreativitas Anda untuk menciptakan jenis makanan baru, dan sebisa mungkin dengan memanfaatkan bahan makanan yang melimpah di sekitar Anda.
  • Untuk produksi skala besar dengan pemasaran yang lebih luas, daftarkan produk Anda ke departemen kesehatan dan badan pengawas obat dan makanan.
  • Berani bersaing masalah harga.
  • Untuk makanan tradisional, pertahankan ciri khasnya tanpa mengabaikan kreativitas Anda. Misalnya, Anda berkreasi dengan membuat kue serabi berwarna hijau, narnun tetap mempertahankan cara pembuatan dan rasa kue seperti aslinya.
Berikut beberapa alternatif usaha produksi makanan yang mungkin dapat Anda kembangkan.

Usaha Bisnis Kue Kering

Usaha bisnis kue kering merupakan usaha yang diminati oleh sebagian besar ibu-ibu rumah tangga. Biasanya kue kering yang diproduksi adalah nastar, kastengel, cheese stick dan sebagainya. Seperti kita tahu para pengusaha kue kering biasanya meraup untung banyak dengan adanya even-even tertentu, misalnya adanya perayaan hari raya idul fitri, hari raya natal dan sebagainya. Namun, tanpa adanya even-even tertentu pun, kue-kue kering biasanya dijadikan camilan sehari-hari. Kue kering tidak cepat kadaluarsa sehingga Anda tak perlu terlalu khawatir jika dagangan Anda tak habis terjual pada hari itu juga. Sebagai langkah awal promosi, Anda dapat menitipkan satu atau dua bungkus/toples kue kering di warung-warung terdekat. Selain itu, Anda juga dapat menjualnya di kantin sekolah, kampus atau di pasar. Perhatikan jenis kue kering yang paling banyak diminati. Kue yang banyak dibeli konsumen itulah yang sebaiknya Anda kembangkan. Jika tak keberatan, Anda dapat menerima pesanan kue kering sebagai hidangan pada acara-acara tertentu, misalnya arisan.

Usaha Bisnis Kue Basah

Kue, khususnya kue basah, sering dijadikan suguhan dalam acara-acara tertentu. Kue merupakan salah satu hidangan yang wajib hadir pada upacara atau acara penting, misalnya upacara pernikahan, hari ulang tahun dan lain-lain. Rasanya tidak lengkap jika hari ulang tahun dirayakan tanpa hadirnya kue tart. Untuk memulai bisnis ini, ada baiknya Anda memiliki pengetahuan tentang cara pembuatan kue tart, sehingga kue yang Anda hasilkan tampak menarik dengan rasa yang enak. Untuk resepnya, Anda dapat menemukan di berbagai majalah, buku, Internet bahkan televisi. Langkah promosi usaha Anda dapat dari mulut ke mulut atau menyebar brosur dan pamflet. Jangan lupa tampilkan foto kue hasil kreasi Anda agar para pembaca tertarik. Jika mau Anda dapat mengiklankan di media elektronik.

Usaha Bisnis Makanan Tradisional

Dunia yang semakin modern membuat orang menjadi sibuk dengan segala aktivitasnya. Dan karena kesibukan inilah, sebagian besar orang memilih makanan cepat saji (fast food) untuk dikonsumsi sehari-hari. Semua ingin serba cepat, praktis dan instan. Sebagian besar orang telah mengetahui bahwa kebiasaan tersebut bukanlah suatu kebudayaan yang baik untuk dipertahankan. Rasa bosan dengan makanan cepat saji juga sering menghampiri. Kadang-kadang lidah seseorang juga ingin merasakan rasa yang berbeda dari makanan yang biasanya dikonsumsi. Karena itu bisnis makanan tradisional mampu bertahan meskipun di tengah-tengah era global.

Banyak jenis makanan dan camilan tradisional yang sering kita jumpai di pasar-pasar, misalnya kue bugis, talam, nagasari, serabi, tiwul, getuk dan lain-lain. Bahkan, hingga saat ini masih terdapat banyak makanan tradisional yang menjadi idola, baik bagi masyarakat dalam negeri maupun turis mancanegara. Makanan-makanan khas tersebut seolah menjadi salah satu menu yang harus dicoba sebagai simbol seseorang telah mengunjungi suatu tempat. Misalnya, orang yang berasal dari luar Yogya tentunya ingin merasakan manisnya geplak, enaknya bakpia pathuk dan makanan tradisional lainnya yang belum tentu ditemui di luar kota Yogya. Begitu juga orang yang berasal dari luar kota Bandung tentunya akan sangat rugi jika tidak menikmati peuyeum saat berkunjung ke Bandung. Jadi, tak ada salahnya jika Anda mencoba bisnis makanan tradisional, misalnya gudeg, ketoprak, roti cane, tiwul, serabi dan lain-lainnya.

Anda dapat berkreasi dengan makanan tradisional tersebut agar konsumen tidak bosan, misalnya tiwul yang biasanya berwarna coklat Anda buat berwarna hijau. Jangan lupa kemas produk Anda dengan rapi. Jika tiwul biasanya hanya dikemas dengan plastik, coba kemas dengan alternatif lain, misalnya dengan cup. Hal yang harus Anda ingat dalam berkreasi adalah Anda harus mengenal produk Anda. Misalnya, kalau makanan tersebut cepat basi jika tidak terkena udara luar, maka saat mengganti wadah yang biasanya digunakan wadah alternatif, Anda harus mempertimbangkan aerasinya (aliran/pergantian udara).

Usaha Bisnis Makanan Ringan

Jika Anda suka ngemil makanan ringan atau camiIan (misal krupuk) dan suka berkreasi membuat camilan sendiri, maka Anda bisa melanjutkanya menjadi sebuah bisnis. Terlebih jika tetangga Anda suka dengan camilan yang Anda buat dan banyak yang meminta Anda untuk membuatkannya, maka apa salahnya jika dijadikan bisnis rumahan.

Makanan ringan diminati banyak orang dan biasanya dibuat selingan setelah makanan utama. Agar camilan Anda berbeda dengan camilan pada umumnya (lain daripada yang lain) dan menjadi camilan yang sehat, maka pilih bahan yang aman untuk kesehatan dan kemaslah dalam bentuk dan warna yang bervariasi.

Setelah bisnis Anda berkembang dan Anda tidak mampu membuatnya sendiri, maka Anda bisa memperdayakan orang-orang di sekitar Anda yang masih menganggur tetapi mempunyai semangat untuk bekerja.

Pola promosi yang Anda gunakan ialah:

  • Selalu menyajikannya di rumah ketika ada tamu.
  • Buat camilan sendiri untuk snack ketika di rumah ada hajatan atau acara-acara tertentu, misalnya arisan, ulang tahun dan lain-lain.
  • Tawarkan kepada tetangga sekitar dengan memberikan sampel sebagai contoh.
  • Berikan harga paket khusus jika pembelian banyak.
  • Titipkan ke toko-toko atau warung-warung makan, atau dengan menjualnya ke pasar.
  • Jika produk Anda telah terkenal, pertahankan kualitas dari pertama kali bikin. Jangan mengurangi kualitasnya.
  • Pasang papan nama di depan rumah dan bunt selebaran.
  • Pasang iklan di majalah atau koran agar lebih meluas dan dikenal banyak orang.

Blog Archive