Daftar Isi

MEMULAI DAN MEMILIH BISNIS ONLINE

Bisnis online adalah sebuah usaha atau aktivitas bisnis yang dijalankan dan dikelola dengan memanfaatkan fasilitas internet sebagai media utama pemasarannya. Perkembangan teknologi informasi kini sudah sangat maju. Kemajuan teknologi tersebut membuat dunia terasa sangat kecil. Tenologi internet yang berkembang sangat cepat membauat jangkauan informasi dari seluruh dunia menjadi semakin mudah. Didukung dengan biaya koneksi yang murah dan terjangkau, internet berperan sebagai media utama untuk mencari dan berbagi informasi. Hal ini tentu saja menjadi harapan baru dalam dunia bisnis. Dimana kita bisa memasarkan setiap produk kita cukup dari rumah. Hampir seluruh generasi muda dan sebagian generasi tua yang sudah tidak asing lagi dengan jejaring sosial. Disamping sebagai media mencari teman lama, mengobrol, bahkan mencari kenalan baru, jejaring sosial juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana promosi produk. Oleh karenanya, dunia bisnis online berkembang juga ikut berkembang cukup pesat. Keunikan dari bisnis online ini adalah tidak mempertemukan antara penjual dan pembeli. Bahkan tidak jarang hubungan antara penjual dan pembeli ini sebatas hubungan pada komoditi yang ditawarkan saja. Dewasa ini barang dan jasa yang diperdagangkan dari usaha bisnis online ini semakin bertambah banyak. Tidak tanggung-tanggung, bisnis kulinerpun, yang notabenenya memiliki masa kadaluarsa yang pendek juga sudah merambah ke dunia online. Kadang-kadang tidak masuk akal, karena harga produk yang ditawarkan dengan ongkos kirim terpaut jauh. Bahkan banyak juga produk yang ongkos kirimnya lebih mahal dari harga produk tersebut.

Memulai Usaha Bisnis Online

Untuk memulai bisnis online diperlukan sedikit persiapan, dan tentu saja biayanya sangat murah. Persiapan pertama yang harus dilakukan adalah persiapan mental. Sebagai seorang enterpreneur, kita harus berani untuk mengawali usaha kita bahkan dengan berbagai keterbatasan sekalipun. Langkah awal kita sangat menentukan ribuan langkah selanjutnya. Jika kita sudah melakukan langkah awal, maka langkah selanjutnya adalah konsistensi. Bisnis online ini akan menjadi lahan pencarian uang yang sangat potensial jika kita mampu menjaga konsistensi kita untuk memasarkan produk. Bahkan secara pribadi, saya mengawalinya selama 6 bulan dengan tidak mendapatkan hasil apa-apa.

Jika konsistensi sudah bisa kita jaga, maka dengan sendirinya jaringan kita di dunia maya ini semakin bertambah besar. Bartambahnya jaringan kita inilah yang akan menjadikan tambang penghasilan yang luar biasa besar.

Selain persiapan mental, tidak kalah pentingnya kita juga harus mengadakan sarana koneksi internet. Hal ini saya lakukan dengan mengawali bisnis online saya dari warnet ke warnet tiap hari. Dan bagi saya hal ini bukan masalah untuk memantapkan diri sebagai enterpreneur bisnis online. Akan tetapi jika bisa menyediakan sarana koneksi internet di rumah, berarti pengelolaan bisnis online Anda akan lebih mudah dan sudah barang tentu pencapaian yang Anda targetkan semakin mudah.

Memilih Usaha Bisnis Online

Memilih usaha bisnis online membutuhkan kematangan analisis terhadap jenis usaha yang akan kita jalankan. Pada dasarnya banyak sekali usaha yang bisa kita jalankan untuk meraih kesuksesan dari dunia maya ini. Tetapi mungkin hanya ada beberapa jenis usaha saja yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda untuk menjalankan secara online. Oleh karena itu, berikut kami sajikan beberapa pilihan usaha bisnis yang bisa dijalankan cukup dari rumah saja.

TIRAI
Disamping berfungsi sebagai penutup ruangan, tirai juga berfungsi sebagai penghias ruangan. Design ruangan Anda akan tampak lebih hidup bila menggunakan warna dan corak tirai yang sesuai. Tawarkan motif yang unik dan corak gambar atau warna yang spesifik. Dengan menawarkan kualitas yang bagus, bisnis tirai secara online merupakan salah satu peluang yang bisa dikelola dari rumah. Apalagi didukung dengan keterampilan menjahit yang bagus. Peluang bisnis ini sayang jika disia-siakan. Bahannya melimpah, harga terjangkau, pangsa pasar jelas, dan pengerjaannya mudah. Hanya perlu ketelatenan, keterampilan, dan nilai seni. Selamat mencoba.

PERNAK-PERNIK ANAK
Dunia anak adalah dunia bermain, dan mereka punya aneka ragam kebutuhan, mulai dari kebutuhan sehari-hari hingga pernak-pernik. Beberapa contohnya adalah bantal, jam dinding, meja belajar, perlengkapan sekolah dan alat-alat tulis, dan hiasan gantung. Semua dengan gaya dan gambar tokoh fantasi anak-anak. Peluag usaha ini sangat luas karena bagi anak, pernak-penik ini selalu penting.

MAINAN ANAK Anak-anak tidak pernah lepas dari kegiatan bermain. Tentu saja kegiatan bermain anak ini membutuhkan sarana bermain yang biasa dikenal dengan istilah mainan anak. Bahkan kini sudah banyak aneka mainan anak yang dirancang untuk memacu kecerdasan si anak. Usaha ini akan lebih istimewa jika mainak anak yang itu Anda buat sendiri, entaha dari bahan plastik, kayu, kain, atau bahan-bahan lain. Kreatifitas memang bisa mendongkrak usaha kita. Tunggu apa lagi, jangan sia-siakan peluang ini.

BONEKA DAN BANTAL BERKARAKTER
Boneka dan bantal adalah dua barang yang sangat dekat dengan keseharian anak-anak. Beragam jenis dan model boneka maupun bantal mudah ditemui di pasaran. Mulai dari bantal berkarakter binatang, tokoh cerita anak, hingga tokoh kartun beredar luas. Harganya pun bervariasi, mulai dari yang puluhan sampai ratusan ribu. Boneka dan bantal ini sangat disukai anak, terutama anak perempuan. Selain untuk sarana bermain, juga bisa untuk alas kepala atau sandaran ketika duduk.

Boneka dan bantal ini umumnya dibuat oleh industri rumahan dan pabrikan. Peluang usaha ini sangat luas. Selain untuk sarana bermain, boneka dan bantal ini juga bisa untuk kado ulang tahun atau kado Natal. Dorongan rasa sayang cenderung membuat orangtua tidak berpikir dua kali untuk membelikan bantal dan boneka demi memenuhi permintaan anak-anaknya.

PERALATAN RUMAH TANGGA
Perkembangan jaman yang kian maju diikuti pula oleh kesibukan manusia yang semakin padat oleh pekerjaan. Kesibukan yang melelahkan itu menuntut pekerjaan-pekerjaan rumah tangga diselesaikan dengan cepat. Agar mempermudah pekerjaan-pekerjaan rumah tangga tentu saja membutuhkan peralatan rumah tangga yang modern. Peluang usaha ini sangat luas, mengingat tidak semua orang memiliki waktu untuk memilih dan melihat-lihat peralatan rumah tangga di toko-toko. Jangan sia-siakan, tangkap peluang tersebut!

SUVENIR
Dernikahan, pesta ulang tahun, dan pesta-pesta lain tidak akan berkesan bila tidak memberikan cenderamata kepada para tamu undangan. Karen cenderamata itu akan menjadi kenang-kenangan bagi mereka. Menggeluti usaha bisnis souvenir ini memiliki pangsa pasar yang luas. Keistimewaan dari bisnis ini adalah produk yang kita tawarkan tidak memiliki standar harga. Nilai seni dan keunikan menjadi faktor yang sangat mempengaruhi minat konsumen. Berbagai model, tipe, beserta keunikan yang kita tawarkan akan menjadi nilai jual yang sangat tinggi. Jadi, inilah alternatif usaha bisnis online yang bisa Anda pilih.

BATIK
Batik merupakan warisan budaya bangsa Indonesia yang menarik dan eksotis. Bahkan usaha batik mulai menggeliat lagi dengan adanya sosialisasi dari pemerintah untuk mencintai produk lokal. Ya, minat masyarakat terhadap produk yang satu ini memang sangat tinggi. Batik banyak dijumpai di toko-toko pakaian terdekat. Tetapi, menawarkan warna,corak, dan model batik yang modern akan menjadi satu peluang bisnis yang mengasyikkan. Apalagi jika batik yang kita tawarkan adalah batik tulis. So, usaha bisnis batik secara online memiliki peluang yang sangat cerah.

Blog Archive