Daftar Isi

TUTORIAL BLOG SEO

Meningkatkan pengunjung dengan memanfaatkan mesin pencari atau yang dikenal dengan istilah search engine merupakan target dari sebagian besar blogger. Bisa dikatakan bahwa pengunjung yang dihasilkan dari pencarian search engine merupakan pengunjung organik dan tertarget. Sehingga pengunjung yang demikian itu merupakan pengunjung yang sangat potensial untuk membeli produk yang kita tawarkan.

Bagaimana cara meningkatkan pengunjung organik tersebut? Pertanyaan itu sering sekali muncul terutama dari blogger pemula. Oleh karena itu, artikel ini sengaja dibuat untuk memudahkan Anda sebagai blogger pemula dalam menerapkan teknik optimasi kunjungan melalui mesin telusur. Teknik optimasi tersebut kemudian dikenal dan populer dengan istilah SEO (Search Engine Optimization).

Teknik SEO adalah teknik atau strategi dengan membuat sedikit modifikasi pada situs Anda sehingga bisa berinteraksi dengan pengguna melalui mesin pencari. Secara filosofis optimisasi melalui mesin pencari adalah membangun pengunjung situs atau blog Anda dengan orientasi utama menyediakan informasi yang benar-benar dibutuhkan oleh pengunjung atau pengguna.

Secara umum, optimasi SEO dibagi menjadi dua macam teknik yaitu optimasi SEO onpage dan optimasi SEO offpage. Optimasi SEO onpage adalah cara mengoptimasi sebuah blog agar dapat bersaing di posisi atas hasil pencarian mesin telusur yang dilakukan dengan mengatur beberapa elemen dari dalam blog itu sendiri. Seperti mengatur title tag, meta deskripsi, meta keyword, maupun heading halaman. Sedangkan optimasi SEO offpage adalah cara mengoptimasi sebuah blog dengan cara meningkatkan popularitas blog itu sendiri. Teknik ini biasanya dilakukan dengan cara memasang backlink yang menuju ke blog atau website yang akan dioptimasi.

Membuat Judul/Title Blog Yang Unik dan Akurat

Judul blog merupakan elemen yang sangat efektif untuk meningkatkan performa SEO. Anda akan melihat bahwa judul akan selalu ditampilkan pada hasil pencarian mesin telusur. Oleh karena itu, judul blog akan lebih baik jika dibuat dengan menyesuaikan tema atau isi blog dan kata kunci tertarget. Dengan kata lain, blog yang bersifat spesifik akan lebih kuat saat bersaing memperebutkan posisi SERP (Search Engine Result Page) atau posisi hasil pencarian mesin telusur.

Membuat title tag yang seo friendly

Tag title harus ditempatkan dalam tag head dari dokumen HTML. Secara default tag title dari blogger adalah : <title> <data:blog.pageTitle/> </title> Tag title tersebut perlu diubah. Ikuti langkah berikut untuk mengubah tag title:
  1. Masuk ke dashboard blogger, kemudian pilih blog yang akan dioptimasi
  2. Pilih Template pada tab sebelah kiri
    Tutorial Blog SEO
  3. Pilih Edit HTML
    Tutorial Blog SEO
  4. Cari kode <title><data:blog.pageTitle/></title>, lalu ganti kode tersebut dengan kode di bawah ini:
    <title><b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'><data:blog.title/><b:else/><data:blog.pageName/></b:if></title>

Memilih Judul Halaman

Pilih tag judul yang secara efektif mengkomunikasikan topik dari konten masing-masing halaman atau pos Anda. Setiap halaman sebaiknya memiliki tag judul yang unik sehingga akan memberikan informasi pada mesin pencari bahwa halaman Anda berbeda dengan halaman dari situs lain. Gunakan judul singkat, tapi deskriptif dan informatif. Jika judul terlalu panjang, mesin pencari akan menampilkan hanya sebagian dalam hasil pencarian. Menggunakan judul yang terlalu panjang tidak membuat pengguna memasukkan kata kunci yang tidak dibutuhkan dalam tag judul Anda.

Struktur URL Yang Baik

Struktur URL yang sederhana akan memudahkan menyampaikan informasi konten halaman dan blog Anda kepada mesin pencari. Menempatkan kata kunci pada URL tidak hanya membuat situs Anda lebih terorganisir, tetapi juga bisa memudahkan mesin pencari merayapi halaman Anda.

URL yang terlalu panjang akan memberikan kesan kepada pengguna bahwa sebagian teks dari url tersebut tidak diperlukan. Hal ini tentu akan berakibat menurunkan kredibilitas blog saat mesin pencari menampilkannya di posisi yang baik.

Beberapa pengguna atau user mungkin akan memasang backlink yang merujuk ke halaman Anda dengan menggunakan URL halaman sebagai anchor teks. Jika URL Anda berisi kata-kata yang relevan, hal ini akan memberikan informasi lebih lanjut kepada mesin pencari tentang halaman dari sebuah ID.

Deskripsi Meta Tag

Deskripsi meta tag merupakan penjelasan singkat mengenai isi atau konten suatu blog saat ditampilkan oleh mesin telusur atau Search Engine. Deskripsi meta tag akan memberikan informasi kepada mesin pencari mengenai ringkasan materi suatu halaman. Deskripsi meta tag dapat berisi satu atau dua kalimat, atau dalam bentuk paragraf pendek. Manfaat deskripsi meta tag sangat penting karena mesin pencari akan menggunakannya sebagai potongan isi suatu halaman. Selain itu, dengan menambahkan deskripsi meta tag untuk setiap halaman Anda akan mengarahkan mesin pencari untuk mengambil deskripsi meta tag tersebut sebagai referensi saat mesin pencari tidak dapat menemukan pilihan teks yang relevan untuk digunakan dalam potongan.

Membuat Deskripsi Meta Tag Untuk Blogger

Untuk blog yang berbasis blogger pemasangan deskripsi meta tag cukup dilakukan melalui fasilitas yang sudah disediakan blogger. Ikuti langkah berikut ini:
  1. Masuk akun blogger, pilih blog Anda, kemudian pilih setelan pada tab sebelah kiri. Lihat gambar.
    Tutorial Blog SEO
  2. Akan muncul sub menu tab, kemudian pilih Preferensi penelusuran. Lihat Gambar
    Tutorial Blog SEO
  3. Setelah jendela Preferensi penelusuran ditampilkan, pada bagian Tag Meta Deskripsi, pilih edit. Lihar Gambar.
    Tutorial Blog SEO
  4. Pada jendela blogger muncul pertanyaan “Aktifkan deskripsi penelusuran?”, pilih Ya, lalu masukkan deskripsi tentang materi atau tema blog Anda.Lihat Gambar.
    Tutorial Blog SEO

Deskripsi Penelusuran Pada Halaman atau Pos

Deskripsi meta tag untuk blog telah selesai dibuat, tinggal sekarang mengatur deskripsi masing-masing halaman sehingga deskripsi meta tag yang kita buat akan tampil dinamis. Bagaimana kita membuat deskripsi untuk masing-masing halaman? Mari kita ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat deskripsi pada halaman atau pos.
  1. Masuk akun blogger, pilih blog Anda, kemudian pilih menu Pos pada tab menu sebelah kiri. Lihat Gambar.
    Tutorial Blog SEO
  2. Pilih Entri baru, atau Edit, atau klik Judul Pos.Lihat Gambar.
    Tutorial Blog SEO
  3. Setelah jendela entri muncul, pada tab menu sebelah kanan terdapat menu Deskripsi Penelusuran. Klik pada menu tersebut dan isi dengan deskripsi halaman pos Anda lalu klik selesai. Lihat Gambar.
    Tutorial Blog SEO
  4. Setelah semua proses selesai, klik Perbarui atau Publikasikan.
Sekarang Deskripsi Meta Tag telah selesai dibuat dan akan segera tampil saat mesin penelusuran menemukan blog atau halaman Anda.

Peran Title Tag, Meta Tag, dan Struktur URL Terhadap Hasil Penelusuran

Tutorial Blog SEO

Kata-kata yang tercetak tebal seperti terlihat pada gambar di atas menunjukkan bahwa peran dari title tag, deskripsi meta tag, dan alamat url yang vital dalam memperebutkan posisi SERP hasil pencarian mensin telusur.

Pada gambar di atas, kita dapat melihat bahwa title tag muncul pada baris pertama. Bisa kita simpulkan bahwa title tag yang mengandung unsur kata kunci akan lebih mudah untuk dilacak oleh mesin pencari. Selain title tag, deskripsi meta tag dan alamat URL ternyata juga dibaca oleh mesin pencari. Hal ini tentu akan sangat membantu optimasi SEO kita. Bahkan ketiga elemen di atas, title tag, deskripsi meta tag, dan struktur alamat URL menjadi faktor utama keberhasilan optimasi SEO.

Optimasi Meta Keywords

Keyword adalah kata kunci yang berhubungan dengan tema atau isi suatu blog atau website. Meskipun ada beberapa alogaritma mesin pencari tidak memakai meta keyword untuk melakukan pencarian, tetapi alangkah baiknya jika kita tetap menyertakan meta keyword. Hal ini disebabkan masih banyak alogaritma mesin pencari yang masih membaca meta keyword.

Kode perintah untuk penerapan meta keyword adalah sebagai berikut :
<meta conten='keyword1, keyword2, keyword3' name='keywords' />
Kode tersebut dipasang diantara tag <head> dan </head>

Berikut langkah-langkah untuk memasang meta keyword pada kode html.

  1. Masuk ke akun blogger kemudian pilih Templete>Edit HTML.
  2. Masukkan kode <meta conten='keyword1, keyword2, keyword3' name='keywords' /> di antara tag <head> dan </head>
  3. Ganti keyword1, keyword2, dan keyword3 dengan kata kunci yang Anda inginkan. Lihat Gambar.
    Tutorial Blog SEO
  4. Setelah selesai klik Simpan templete

Navigasi sangat penting untuk mesin pencari

Navigasi bukan sekedar fasilitas untuk membantu pengguna menemukan informasi yang mereka butuhkan. Akan tetapi alogaritma mesin telusur, meskipun hasil pencariannya disediakan pada tingkat halaman, lebih menyukai halaman yang memiliki pengaturan navigasi yang baik. Pengaturan navigasi tersebut bisa dilakukan dengan memanfaatkan label dan memasang breadcrumbs.

Breadcrumb adalah baris internal link di bagian atas atau bawah halaman yang memungkinkan pengunjung untuk kembali ke bagian sebelumnya atau halaman utama. Berikut ini adalah contoh dari penggunaan breadcrumbs.
Tutorial Blog SEO

Memasang Breadcrumbs

  1. Masuk ke akun blogger, pilih menu Templete
  2. Pilih Cadangkan/Pulihkan yang terletak pada tombol sebelah kanan atas jendela browser Anda. Lihat Gambar.
    Tutorial Blog SEO
  3. Pilih Unduh Templete Lengkap, kemudian simpan file tersebut. Lihat Gambar.
    Tutorial Blog SEO
  4. Buka file hasil unduhan tersebut menggunakan Notepad, kemudian cari kode ]] > </b:skin>. Untuk memudahkan pencarian, gunakan menu Edit kemudian pilih Find, atau gunakan “Ctrl F”.
  5. Letakkan kode di bawah ini tepat sebelum kode ]] > </b:skin> tadi
    .breadcrumbs {padding:5px 5px 5px 0px; margin: 0px 0px 15px 0px; font-size:100%; line-height: 1.4em; border-bottom:3px double #eee;}
  6. Setelah itu cari kode <b:includable id='main' var='top'>, kemudian ganti kode tersebut dengan kode di bawah ini:
    <b:includable id='breadcrumb' var='posts'><b:if cond='data:blog.homepageUrl != data:blog.url'><b:if cond='data:blog.pageType == "static_page"'><div class='breadcrumbs'><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='tag'>Home</a></span> » <span><data:blog.pageName/></span></div><b:else/><b:if cond='data:blog.pageType == "item"'><!-- breadcrumb for the post page --><b:loop values='data:posts' var='post'><b:if cond='data:post.labels'><div class='breadcrumbs' xmlns:v='http://rdf.data-vocabulary.org/#'><span typeof='v:Breadcrumb'><a expr:href='data:blog.homepageUrl' property='v:title' rel='v:url'>Home</a></span><b:loop values='data:post.labels' var='label'>» <span typeof='v:Breadcrumb'><a expr:href='data:label.url' property='v:title' rel='v:url'><data:label.name/></a></span></b:loop>» <span><data:post.title/></span></div><b:else/><div class='breadcrumbs'><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='tag'>Home</a></span> » <span>Unlabelled</span> » <span><data:post.title/></span></div></b:if></b:loop><b:else/><b:if cond='data:blog.pageType == "archive"'><!-- breadcrumb for the label archive page and search pages.. --><div class='breadcrumbs'><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl'>Home</a></span> » <span>Archives for <data:blog.pageName/></span></div><b:else/><b:if cond='data:blog.pageType == "index"'><div class='breadcrumbs'><b:if cond='data:blog.pageName == ""'><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl'>Home</a></span> » <span>All posts</span><b:else/><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl'>Home</a></span> » <span>Posts filed under <data:blog.pageName/></span></b:if></div></b:if></b:if></b:if></b:if></b:if></b:includable><b:includable id='main' var='top'><b:include data='posts' name='breadcrumb'/>
  7. Setelah itu sempan file tersebut
  8. Kembali ke blogger, pilih Choose File. Pilih file hasil unduhan yang telah diedit seperti tersebut di atas. Kemudian klik Unggah. Lihat Gambar.
    Tutorial Blog SEO
Cek blog/halaman Anda, Breadcrumbs sudah terpasang.

Tawarkan konten menarik dan layanan berkualitas

Situs yang menarik dan berkualitas akan meningkatkan kredibilitas dan reputasinya. Selain itu, membuat konten yang menarik dan bermanfaat akan mempengaruhi efektifitas penerapan SEO lebih daripada faktor-faktor lain yang dibahas di atas. Para pengguna atau pengunjung yang menilai bahwa suatu konten itu menarik akan cenderung mengarahkan pengguna lain untuk mengunjungi blog Anda. Hal ini bisa dilihat dengan banyaknya backlink yang mengarah pada posting Anda, melalui berbagai layanan media sosial, email, forum, atau cara lain.

Pilihlah kata-kata yang diperkirakan akan dicari oleh pengguna sehingga pengguna dapat menemukannya dalam petikan konten Anda. Pengguna yang tahu banyak atau sudah menguasai tentang suatu materi kemungkinan akan menggunakan kata kunci yang berbeda dalam permintaan pencarian mereka daripada seseorang yang baru saja mengenal materi tersebut.

Sebagai contoh, seorang penggemar tanaman hias kemungkinan akan menggunakan kata kunci sansevieria, aglonema, anthurium, atau menggunakan kata-kata yang lebih spesifik dalam pencarian mereka. Sedangkan orang yang masih baru dalam hal tanaman hias kemungkinan akan menggunakan kata kunci “tanaman hias” dalam pencarianna.

Oleh karena itu, saat menulis sebuah konten yang menarik untuk mengoptimalkan optimasi seo pada blog Anda, maka perlu untuk mengatisipasi perbedaan-perbedaan perilaku pengguna dalam melakukan pencarian. Buat komposisi pada artikel Anda dengan memasukkan beberapa frase kata kuci yang disesuaikan dengan materi artikel. Komposisi yang ideal tidak lebih dari 5% frase kata kunci yang dimasukkan akan memberikan hasil yang positif pada teknik seo yang Anda terapkan.

Pengunjung organik merupakan pengunjung yang akan membangun reputasi dan popularitas situs Anda di mata para pengguna dan Google. Hal itu mustahil untuk diperoleh tanpa konten atau artikel yang berkualitas. Dengan demikian, kunci dari keberhasilan penerapan teknik seo Anda adalah dengan membuat konten yang menarik dan berkualitas.

Blog Archive