Daftar Isi

BUMI DAN ISINYA

Bumi diperkirakan terbentuk sekitar 4.500.000.000 tahun yang lalu. Volume bumi secara keseluruhan diperkirakan 1.083.208.840 kilometer kubik. Sementara berat bumi diperkirakan mencapai 5.880.000.000.000.000.000.000 ton. Binatang paling sederhana muncul sekitar 500.000.000 tahun yang lalu. Batu tertua yang pernah diselidiki kurang lebih berumur 4.000.000.000 tahun. Tumbuhan paling sederhana yaitu algae diperkirakan muncul 1.000.000.000 tahun yang lalu. Binatang bertulang punggung tertua muncul sekitar 400.000.000 tahun yang lalu. Reptilia seperti Dinosaurus diperkirakan mucul 190.000.000 tahun yang lalu.

Bentuk Permukaan Bumi

Bentuk permukaan bumi tidak rata seperti bola. Permukaan bumi terdiri dari daratan dan perairan yang sangat luas. Daratan terdiri atas dataran rendah, dataran tinggi, lembah, perbukitan dan gunung. Permukaan bumi lebih dari dua pertiga bagiannya berupa perairan. Perairan di permukaan bumi berupa lautan, danau, telaga, bendungan, waduk, pantai, dan sungai.

DARATAN

Daratan adalah bagian dari permukaan burmi yang tidak digenangi air. Hampir sebagian besar makhluk hidup tinggal di daratan, khususnya kita sebagai manusia. Daratan yang sangat luas disebut benua. Benua ada lima, yaitu Asia, Amerika, Australia, Afrika, dan Eropa. Sedangkan daratan yang lebih kecil dari benua disebut pulau. Contohnya Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Sumatra, dan lain-lain. Di dalam daratan terdapat berbagai macam bentuk permukaan bumi, antara lain:

Pegunungan

Pegunungan adalah permukaan bumi yang paling tinggi. Pegunungan memiliki beberapa puncak atau gunung. Gunung adalah permukaan bumi yang berbentuk kerucut tumpul menjulang ke atas. Pegunungan terbentuk oleh pergerakan kerak bumi.

Pegunungan tertinggi di dunia adalah Pegunungan Himalaya di Tibet, Nepal. Sedangkan gunung tertinggi di dunia yaitu Gunung Everest terletak dikawasan Himalaya yang tingginya mencapai 8.863 meter. Nama Everest diambil dari nama penakluknya yaitu Sir George Everest.

Dataran

Dataran adalah daratan yang perbedaan ketinggian antara satu daerah dengan daerah lainnya tidak nyata. Berdasarkan ketinggiannya, dataran dibedakan menjadi dua, yaitu dataran tinggi dan dataran rendah.

Dataran rendah tanahnya tidak rata dan tidak berjurang-jurang. Udara di dataran rendah terasa panas. Biasanya dataran rendah terdapat di daerah pantai. Dataran tinggi berlokasi di pegunungan. Contoh dataran tinggi adalah Dataran Tinggi Bandung dan Dataran Tinggi Dieng. Contoh dataran rendah adalah Dataran Rendah Pantai Utara Jawa dan Pantai Timur Sumatra.

Perbukitan

Bukit adalah daratan yang tinggi namun Iebih rendah daripada gunung. Daerah yang banyak terdapat bukit-bukit disebut perbukitan. Nama daerah-daerah di perbukitan ada yang menggunakan kata bukit, misalnya Bukittinggi di Sumatra.

LAUTAN

Lautan adalah bagian permukaan bumi yang berupa wilayah perairan yang sangat luas. Sebagian besar permukaan bumi merupakan daerah perairan. Air di laut merupakan campuran dari 96,5% air murni dan 3,5% material lainnya seperti garam-garaman, gas-gas terlarut, bahan-bahan organik dan partikel-partikel tak terlarut. Sifat-sifat fisik utama air laut ditentukan oleh 96,5% air murni. Ciri-ciri permukaan laut, di antaranya berupa sebaran air yang sangat luas, dasar laut tidak rata, dan merupakan tempat tinggal ikan dan hewan laut lainnya. Wilayah lautan terbagi antara lain:
  1. Laut, yaitu cekungan yang dalam dan terisi air.
  2. Selat, yaitu lautan yang sempit di antara pulau-pulau.
  3. Samudra, yaitu lautan yang sangat luas.
  4. Teluk, yaitu lautan yang menjorok ke dalam.
  5. Palung, yaitu jurang yang curam dan dalam yang terdapat di dasar Taut.
  6. Pantai, adalah Batas antara daratan dan lautan.

Bentuk Bumi

Bentuk Bumi itu bulat seperti bola. Model tiruan bumi yang berbentuk bola disebut globe. Tetapi menurut hasil penelitian, bentuk bumi tidak benar-benar bulat, tetapi bulat pepat. Beberapa bukti bahwa bumi berbentuk bulat, antara lain:
  1. Foto bumi yang diambil dari satelit buatan yang letaknya jauh di ruang angkasa menunjukkan bahwa bumi bulat.
  2. Jika kita berlayar terus ke satu arah, maka akhirnya kita akan kembali ke tempat permulaan kita berlayar.
  3. Jika kita memperhatikan kapal laut pada saat berlayar ke tengah laut, maka yang mula-mula lenyap dari pandangan kita adalah badan kapal baru kemudian tiang-tiangnya. Akhirnya, seluruh badan kapal hilang dari pandangan kita.
  4. Pada waktu matahari akan terbit, awan dan gunung-gunung tinggi di sebelah timur sudah tampak terang, sementara di sebelah barat masih tampak gelap.

Blog Archive