Daftar Isi

TENTANG CUACA

Cuaca adalah keadaan udara pada satu wilayah tertentu dalam jangka waktu terbatas. Cuaca berbeda dengan iklim. lklim adalah suhu rata-rata udara dalam waktu lama pada daerah yang sangat luas. Ilmu yang mempelajari iklim disebut klimatologi. Cuaca disebabkan oleh perubahan udara di sekeliling bumi saat udara memanas atau mendingin. Beberapa kondisi cuaca antara lain cuaca panas, cerah, dingin, berawan, dan hujan.

Cuaca Panas

Cuaca panas berarti matahari bersinar terang dan udara terasa panas. Suhu di dataran rendah umumnya berbeda dengan suhu di dataran tinggi. Bila kita berada di dataran rendah, maka udaranya akan terasa panas. Sebaliknya, jika kita berada di dataran tinggi, maka udaranya akan terasa sejuk.

Cuaca Cerah

Cuaca cerah artinya langit terang, tidak berawan, dan cahaya matahari bersinar terang. Pada saat cuaca cerah udara terasa hangat. Jika cuaca cerah, manusia dapat melakukan aktivitasnya dengan lebih nyaman.

Cuaca Dingin

Cuaca dingin berarti udara terasa dingin. Pada cuaca dingin, suhu udara amat rendah.

Cuaca Berawan

Cuaca berawan adalah cuaca yang menunjukkan bahwa di langit banyak terdapat awan. Awan merupakan kumpulan uap air yang terdapat di udara. Uap air ini berasal dari air kolam, air danau, air laut, serta air sungai yang naik ke atas dan bergabung dengan udara karena pengaruh panas matahari.

Cuaca Hujan

Cuaca hujan artinya turunnya titik-titik air dari udara. Cuaca hujan terjadi diawali dari air laut yang menguap dan uap air tersebut mengembun karena udara yang dingin. Uap air yang mengembun membentuk butiran air yang saling berkumpul hingga membentuk awan. Setelah butiran air yang terbentuk bertambah besar, maka akan jatuh sebagai hujan.

AWAN

Awan mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap keadaan cuaca. Awan dapat memberikan petunjuk tentang keadaan cuaca pada beberapa jam atau beberapa hari mendatang. Awan dibedakan menjadi tiga, yaitu awan sirus, awan kumulus, dan awan stratus.

Awan Sirus, berbentuk serabut-serabut halus berwarna putih. Awan sirus mengambang paling tinggi dari semua awan. Munculnya awan sirus berarti cuaca cerah akan berakhir dan hujan akan turun.

Awan Kumulus, berbentuk gumpalan putih. Awan kumulus mengambang di bawah awan sirus. Awan kumulus menandakan cuaca panas dan kering.

Awan Stratus, berbentuk lembaran yang berlapis-lapis dan membentang mendatar. Awan ini mengambang paling dekat dengan permukaan bumi. Awan ini dapat menyebabkan hujan gerimis.

Awan Sirostratus, sirostratus yaitu bentuk awan campuran antara awan sirus dan awan stratus.

Awan Kumulonimbus, adalah awan yang bergumpal dan mencurahkan hujan. Hujan yang tercurah dari awan jenis ini sangat lebat, bermula dan berakhir secara mendadak, dan berlangsung hanya sebentar, antara setengah sampai satu jam, disertai kilat dan guntur.

Awan Nimbostratus, adalah awan berlapis yang mencurahkan hujan. Hujan yang tercurah dari awan ini tidak lebat, tetapi berlangsung lama dan merata.

Hubungan Keadaan Langit dan Cuaca

Dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat merasakan cuaca panas, dingin, cerah bahkan hujan. Keadaan tersebut berhubungan dengan kondisi langit, terutama sedang berawan atau sedang cerah.

Saat cuaca sedang berawan, langit diliputi awan. Pada keadaan seperti ini udara akan terasa sangat panas, karena sinar matahari yang mengarah ke bumi terhalang oleh awan. Sedangkan pada saat cuaca cerah, keadaan langit tidak berawan sehingga cahaya matahari bersinar terang dan udara terasa hangat. Pada saat cuaca panas keadaan langit sangat terang. Matahari bersinar sangat terik sehingga udara terasa panas.

Pengaruh Cuaca terhadap Kegiatan Manuiia

Cuaca dapat memengaruhi kegiatan manusia. Untuk menghindari pengaruh cuaca yang buruk, manusia harus melakukan kegiatan yang sesuai dengan keadaan cuaca tersebut.

Pada cuaca cerah manusia dapat melakukan berbagai aktivitas seperti bekerja, bepergian, atau Iainnya. Pada cuaca panas aktivitas manusia dapat dilakukan. Pada saat cuaca berawan dan hujan aktivitas manusia sedikit terganggu.

Ada beberapa kegiatan manusia yang tidak dapat dilakukan pada cuaca tertentu. Pada saat hujan, pendaki gunung dianjurkan tidak mendaki. Pada saat hujan, terjadi kabut tebal yang menyelimuti gunung. Akibatnya, dapat menghalangi pandangan para pendaki.

Keadaan cuaca juga dapat memengaruhi pakaian yang dikenakan manusia. Pada umumnya manusia memakai pakaian yang tipis di musim panas dan berpakaian tebal pada saat musim dingin.

Blog Archive