Daftar Isi

SUMBER DAYA ALAM

Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang terdapat di alam dan bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. Sumber daya alam banyak sekali yang dimanfaatkan oleh manusia. Sumber daya alam meliputi sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbarui

Sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang dapat dibentuk kembali oleh alam dalam waktu yang relatif singkat. Hal ini disebabkan jenis sumber daya alam tersebut mempunyai kemampuan berkembang biak atau mengalami daur ulang. Misalnya, tumbuhan, hewan, dan air.

Tumbuhan

Manusia memanfaatkan tumbuhan sebagai bahan pangan, bahan sandang, dan obat-obatan. Tumbuhan juga dapat digunakan sebagai bahan bangunan, bahan untuk membuat perabot rumah tangga, misalnya kayu jati untuk bangunan kusen. Selain itu, tumbuhan juga dapat dimanfaatkan untuk bahan baku pembuatan pakaian, kertas, dan bahan industri lainnya. Kapas digunakan untuk membuat pakaian, bubur kayu digunakan untuk membuat kertas. Tumbuhan juga dapat menyediakan oksigen dan air tanah bagi kehidupan.

Hewan

Hewan diperoleh dengan cara beternak, yaitu kegiatan memelihara dan mengembangbiakkan hewan. Ada juga hewan yang diperoleh dengan menangkapnya di alam bebas, misalnya ikan di laut. Manfaat hewan antara lain digunakan sebagai sumber makanan bagi manusia, misalnya daging, telur, susu, keju, dan ikan. Hewan juga digunakan sebagai bahan pakaian, perhiasan, dan barang pernak-pernik Iainnya, misalnya bulu biri-biri untuk membuat pakaian dari wol, kulit buaya untuk membuat tas, dan lain-lain. Hewan juga dapat dimanfaatkan tenaganya oleh manusia, misalnya kerbau dan sapi untuk membajak sawah, kuda untuk menarik delman, dan lain-lain.

Air

Air tidak berkembang biak, tetapi dapat mengalami pendauran. Daur air disebut juga siklus air. Di dalam siklus tersebut, air menguap dan mengumpul menjadi awan. Setelah terkumpul dalam jumlah besar, awan tersebut lalu mengembun dan turun menjadi hujan.

Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbarui

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang tidak dapat dibentuk kembali oleh alam dalam waktu yang relatif singkat. Beberapa contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, antara lain, minyak bumi, batu bara, gas alam, logam, dan barang-barang tambang Iainnya.

Bahan tambang misalnya besi untuk membuat tiang bangunan, pagar, dan perkakas lainnya. Emas digunakan untuk membuat perhiasan dan lain-lain.

Cara Memelihara dan Melestariban Alam

Alam tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Oleh karena itu, dalam memanfaatkan kekayaan alam kita harus bijak dan tidak boleh berlebihan, diperlukan kesadaran manusia untuk memelihara dan melestarikan alam.

Adapun cara memelihara dan melestarikan lingkungan, antara lain:

  • melakukan reboisasi dengan menanami tanah yang gundul dengan tanaman hijau,
  • melindungi dan menjaga kehidupan hewan-hewan di hutan,
  • menjaga dan melestarikan Iingkungan,
  • menghemat pemakaian minyak bumi.
Selain beberapa hal di atas, kita juga bisa membuat sengkedan atau terasering pada daerah yang miring, pemupukan tanah, penebangan hutan secara berkala dan tebang pilih, pembuatan hutan lindung dan margasatwa untuk melestarikan tumbuhan serta hewan.

Kerusakan Sumber Daya Alam

Kerusakan sumber daya alam dapat diakibatkan oleh dua faktor, yaitu faktor alam dan faktor manusia.

Faktor alam, faktor ini merupakan faktor yang susah untuk diperkirakan maupun dikendalikan oleh manusia. Faktor tersebut antara lain, banjir, gempa bumi, dan gunung meletus.

Faktor manusia, faktor ini merupakan faktor yang disebabkan oleh orang-omag yang tidak memedulikan kelangsungan dan kelestarian hidup alam.

Faktor-faktor yang merusak lingkungan yang diakibatkan oleh manusia, antara lain: penebangan pohon-pohon di hutan yang dilakukan secara liar, menangkap dan membunuh hewan-hewan yang dilindungi undang-undang, mencemari air dan tanah dengan membuang sampah sembarangan, boros dalam pemakaian minyak bumi, serta menangkap ikan dengan racun atau bahan peledak.

Blog Archive