Daftar Isi

SIAPKAH ANDA MEMBANGUN USAHA BISNIS?

Anda mempunyai impian untuk menjadi pengusaha sukses? Tunggu apa lagi, jangan pernah tunda langkah Anda untuk mewujudkan impian tersebut. Anda bisa memulainya dari rumah Anda sendiri. Meskipun berawal dari rumah, yang terpenting ke depan Anda bisa meraih keuntungan yang besar. Bisnis yang berawal dari rumah bukan berarti tidak mungkin berkembang. Nyatanya banyak bukti bahwa perusahaan-perusahaan besar yang terkenal sekarang ini, dulunya berawal dari kecil dan memulainya dari rumahan.

Seiring dengan perkembangan zaman, dimana persaingan semakin ketat, meningkatnya angka pengangguran dan sulitnya mencari lapangan kerja, maka membangun usaha bisnis di rumah bisa menjadi pilihan. Dengan bisnis rumahan, Anda bisa mengontrolnya secara langsung tanpa dibatasi oleh waktu, hemat biaya karena tidak harus mengontrak rumah untuk usaha, memaksimalkan fasilitas yang ada, menciptakan lapangan kerja dan keuntungan-keuntungan lainnya.

Dalam usaha bisnis selalu saja ada masalah yang dihadapi. Dan, kesuksesan itu bisa didapat jika bisa mengatasi masalah yang ada dengan sebaik-baiknya. Banyak hal penting yang perlu Anda persiapkan dan pertimbangkan sebelum memulai usaha bisnis di rumah.

Modal wirausaha bukan hanya dana dan usaha. Yang tak kalah penting adalah konsistensi, ketrampilan dan kiat-kiat untuk mewujudkannya.

Hal yang perlu dipersiapkan sebelum Anda memulai bisnis rumahan ialah persiapan diri. Bagaimanapun juga, usaha bisnis di rumah ini ialah bisnis yang nantinya Anda kelola dan Anda menjadi pimpinannya. Untuk itu, harus dipersiapkan terlebih dahulu secara matang. Anda harus bisa mengatur waktu agar peran Anda sebagai pimpinan perusahaan bisa dijalankan dengan baik. Bagaimana cara mengatur waktu yang baik?

  • Agendakan prioritas kerja yang akan dilakukan, gunakan buku agenda untuk mencatatnya, karena Anda tidak mungkin mengingat satu per satu prioritas kerja.
  • Fokuslah dan tetap konsentrasi dengan hal yang Anda kerjakan.
  • Jangan menunda pekerjaan.
  • Tetapkan target untuk membantu dalam menyelesaikan pekerjaan yang Anda lakukan.
  • Lakukan pekerjaan dengan sepenuh hati.
  • Gunakan waktu istirahat dengan sebaik mungkin. Jangan menyia-nyiakannya.
  • Setelah pekerjaan selesai, lakukan evaluasi.
Selain harus mampu mengatur waktu dengan sebaik-baiknya, ada hal lain yang harus Anda perhatikan untuk memulai sebuah usaha bisnis di rumah.

JADIKAN KEMAMPUAN SEBAGAI MODAL MEMBANGUN USAHA BISNIS ANDA

Mendirikan atau mengembangkan sebuah usaha bisnis harus dimulai dari diri sendiri. Kemampuan apa yang telah Anda miliki untuk memulai sebuah usaha? Apakah Anda mampu melakukannya dan merasa yakin dengan masa depan Anda dan keluarga Anda nantinya? Jika Anda mempunyai kemampuan atau keahlian, seperti memasak, menjahit, mendesain dan lain-lain, maka Anda bisa memanfaatkannya.

KEMAUAN MERUPAKAN FAKTOR PENTING DALAM MEMBANGUNG USAHA BISNIS ANDA

Kemauan dalam hal ini bisa diartikan dengan tekad yang kuat. Tekad harus benar-benar diluruskan, apakah tekadnya benar-benar sudah bulat atau belum. Jangan sampai Anda melakukan usaha hanya anget-anget tahi ayam alias mood-moodan, tidak serius dan gampang terpengaruh oleh lingkungan. Untuk itu Anda harus mempunyai kemauan yang kuat dalam diri.

MOTIVASI DIRI AKAN MENYUKSESKAN USAHA BISNIS ANDA

Jika target obsesi itu baik, maka milikilah obsesi itu karena motivasi dari sebuah obsesi memiliki pengaruh yang sangat kuat. Motivasi sangat penting jika ingin memulai atau mengembangkan usaha bisnis agar menjadi besar. Motivasi berhubungan dengan keadaan jiwa seseorang. Motivasi apa yang membuatnya ingin mengembangkan usaha bisnis menjadi faktor penentu jalannya perusahaan. Motivasi untuk membangun sebuah bisnis harus dibangun dan dibangkitkan sejak dini. Mantapkan dulu motivasi sehingga dalam menjalankan usaha, Anda menjadi lebih kensisten, terarah dan memperoleh hasil yang maksimal.

Minat dan hobi bisa menjadi sarana yang cukup efektif untuk membangun keyakinan dan motivasi kuat agar mandiri dalam membangun bisnis. Orang tidak akan merasa terbebani jika melakukan kegiatan yang disukai, terutama bila berkaitan dengan minat dan hobi.

KESIGAPAN MENGATASI MASALAH

Persaingan dalam usaha bisnis itu biasa terjadi, bahkan banyak yang melakukannya dengan penuh kecurangan. Anda tidak dapat mengelaknya atau lari darinya, bahkan harus menghadapinya. Banyak masalah yang nantinya dihadapi ketika Anda memulai usaha dan mengembangkannya. Apakah Anda mampu untuk mengatasi masalah atau mencoba lari dari masalah? Tanyakanlah pada diri sendiri, apakah Anda siap atau tidak. Jika siap, maka Anda harus fokus dengan usaha yang nantinya Anda pilih dan siapkan mental Anda sejak dini.

MILIKILAH IMPIAN ATAU CITA-CITA

Mimpi tidak hanya membantu Anda saat menghadapi kegagalan, tetapi juga memotivasi Anda secara konstan.

Cita-cita adalah sebuah impian yang bisa mengarahkan pada langkah yang nantinya akan diambil. Hidup tanpa cita-cita yang jelas akan menjadikan seseorang tidak fokus untuk meraih keberhasilan. Jika tidak ada impian yang ingin dicita-citakan, hidup akan terasa hambar dan tidak mempunyai tujuan yang jelas. Dalam bisnis, Anda bisa mulai dengan mewujudkan apa yang Anda impikan atau cita-citakan.

MILIKILAH KEBERANIAN DALAM MEMBANGUN USAHA BISNIS

Lihatlah kesempatan di setiap kegagalan. Jangan melihat kegagalan di setiap kesempatan.

Keberanian dalam membangun dan mengembangkan usaha bisnis dimulai sejak merencanakan, memulai, sampai menjalaninya. Jika dalam merencanakan saja, Anda tidak memiliki keberanian bagaimana bisa berhasil? Bangunlah keberanian dalam merencanakan usaha bisnis yang ingin Anda geluti, dan mulailah. Jangan menunggu terlalu lama. Menunggu waktu yang tepat hanya akan menunda seseorang untuk belajar. Jangan pernah takut gagal.

Ketakutan untuk mengambil resiko dan ketidakpastian masa depan merupakan hambatan utama tercapainya kesuksesan dalam bisnis maupun hal lainnya. Tetaplah miliki keberanian, optimis dan keyakinan bahwa Anda pasti bisa melakukannya sehingga bisa meraih keberhasilan masa depan.

Blog Archive