Daftar Isi

RESEP MAKANAN (RESEP MASAKAN) SEHAT BAGI PENDERITA KANKER

Resep Makanan atau resep masakan adalah takaran dan petunjuk mengenai bahan yang digunakan untuk membuat makanan atau masakan yang telah teruji ke akuratannya. Selain menyiapkan bahan, dalam resep makanan atau resep masakan juga tersedia keterangan dan panduan seputar cara mengolah bahan-bahan yang akan dimasak, serta keterangan tentang cara menyajikan hasil masakan tersebut.

Resep makanan atau resep masakan yang akan dibahas kali ini hanyalah resep makanan atau resep masakan yang menurut beberapa ahli kesehatan dianggap aman untuk penderita kanker.

Resep Makanan (Resep Masakan) Air Tajin.

Bahan :
100 g beras merah, 100 g kacang hijau, 100 g ayam kampung dicincang 1 liter air.

Bumbu :
3 lembar daun salam atau pandan, 3 lembar daun mahkota dewa, ½ sdt garam, ½ sdt gula pasir.

Cara memasak :
Cuci bersih semua bahan. Kemudian rebuslah air hingga mendidih lalu masukkan daging ayam, aduk hingga setengah matang. Masukkan beras dan kacang hijau ke dalam panci email atau stainless dan tuangkan air. Bila sudah mendidih masukkan ayam dan bumbu-bumbunya. Aduk terus hingga agak mengental lalu ambil airnya, tuang ke dalam mangkuk. Nikmati selagi hangat, begitu sudah matang atau panasi lagi bila mau makan. Bila ingin rasa yang manis, tambahkan madu mahkota dewa. Air tajin ini bisa menjadi 2 mangkuk kecil, sisa nasi yang masih setengah matang bisa ditambah air panas lagi 500 cc, aduk terus dan bisa menjadi bubur untuk 4 orang.

Resep Makanan (Resep Masakan) Nasi Merah

Bahan :
150 g beras merah, 450 cc air, 2 lembar daun salam atau daun pandan, 3 lembar daun mahkota dewa, ½ sdt garam, ½ sdt gula.

Cara memasak :
Panaskan air ke dalam panci ukuran 1 liter, masukkan daun salam atau pandan, daun mahkota dewa, garam, dan gula. Aduk rata, jika sudah mendidih, masukkan sedikit demi sedikit beras merah dan aduk terus selama 5 menit. Tutup panci rapat-rapat, didihkan sampai beras lunak dan mekar. Angkat dan saring sisa air rebusan beras merah. Air ini bisa digunakan untuk memasak sayur. Pindahkan nasi ke dalam dandang atau rice cooker. Masak nasi hingga matang, bisa dikonsumsi untuk 2 orang.

Resep Makanan (Resep Masakan) Bubur Sayur

Bahan :
200 cc air rebusan beras merah, 100 g sayuran hijau, misalnya katuk atau bayam 1 buah kentang beserta kulitnya, 100 g wortel, 100 g ubi jalar merah, 100 g labu kuning, 1 buah jagung muda disisir, 50 g talas, 100 g ubi jalar, 200 g beras dicuci dan tiriskan, 700 cc air

Bumbu :
3 cm jahe, digeprek, 1 batang serai, 2 batang daun bawang, iris halus 1 lembar daun kunyit, 7 lembar daun gondola hijau 1 sdt garam.

Cara memasak
Masak beras dengan air biasa dan masukkan jugsa air beras merah sambil diaduk terus. Tambahkan bumbu jahe, serai, daun bawang, daun kunyit, gondola hijau, dan garam. Jika beras sudah setengah matang, masukkan potongan-potongan ubi jalar, talas, ubi kayu, talas, wortel, dan labu kuning. Aduk rata hingga bahan menjadi setengah matang. Masukkan semua sayuran, aduk terus hingga mengental. Hidangkan bubur selagi hangat. Bisa dikonsumsi untuk 10 orang.

Resep Makanan (Resep Masakan) Nasi Tim

Bahan :
200 g beras, 100 g daging ayam kampung, 50 g wortel.

Bumbu :
1 jari jahe, 1 jari sereh, 1 lembar daun mahkota dewa Seujung sdt garam.

Cara memasak
Cuci beras hingga bersih, masukkan ke dalam rantang bersama dengan daging ayam, wortel, dan semua bumbu, tambahkan 200 cc air. Kukus hingga matang. Hidangkan selagi panas. Bisa dikonsumsi untuk 2 orang.

Resep Makanan (Resep Masakan) Sup Bakso Ikan

Bahan :
200 g daging ikan kakap segar; 30 buah bakso ikan yang kecil; 80 g soun, gunting-gunting sepanjang 10 cm, rendam dalam air panas hingga lunak, tiriskan; 2 liter kaldu ayam kampung.

Bumbu :
2 cm jahe digeprek, 3 sdm tongcay*), 3 siung bawang putih dicincang, 5 siung bawang merah dicincang, 1 sdm garam ½ sdt lada ½ sdt pala, 1 sdt bubuk Angelica, 100 cc minyak non-kolesterol untuk menumis

* )tongcay irisan seperti daging berwarna cokelat dan berasa asin yang sering dipakai untuk bubur ayam

Cara memasak
Panaskan minyak untuk menumis bawang merah dan bawang putih. Masukkan ikan kakap, aduk hingga rata. Masak kaldu ayam hingga mendidih dan satukan tumisan bawang merah dan bawang putih beserta ikan kakap. Masukkan juga bakso ikan, tongcay, dan semua bumbu. Tambahkan soun, masak hingga matang. Sajikan selagi panas, taburi dengan bawang putih goreng. Bisa dikonsumsi untuk 6 orang.

Resep Makanan (Resep Masakan) Brokoli Tumcay

Bahan :
200 g brokoli; 100 g wortel; 100 g labu putih; 100 g daging ayam kampung bagian dada (tanpa kulit), iris tipsi-tipis; 3 batang seledri, iris kecil-kecil.

Bumbu :
2 sdt garam; ¼ sdt merica bubuk; 3 siung bawang putih digeprek; 3 sdm tepung maizena, cairkan dengan 200 cc air.

Cara Memasak
Brokoli, wortel, dan labu putih dipotong-potong. Tumis bawang putih yang sudah digeprek. Masukkan daging ayam, aduk-aduk sebentar lalu masukkan wortel, labu putih, dan brokoli. Tuangi dengan air tepung maizena, aduk hingga rata, lalu masukkan garam dan merica bubuk. Angkat dari api, lalu tuangkan ke dalam mangkuk dan taburi dengan irisan seledri. Hidangkan selagi hangat.

Resep Makanan (Resep Masakan) Sayur Bening Katu

Bahan :
200 g daun katuk, 100 g jagung baby, 100g kol, 100 g wortel, 100 g buncis, 3 batang daun bawang, 3 batang daun seledri.

Bumbu :
1 jari kencur; 5 siung bawang merah, iris tipis-tipis; 3 siung bawang putih digeprek; 3 buah kunci sayur, digeprek; 1 sdm garam; 1 sdm gula pasir.

Cara memasak
Haluskan kencur dan bawang putih. Didihkan 2 liter air. Masukkan wortel, jagung baby, dan kol. Setelah setengah matang, masukkan daun katuk, buncis, dan daun bawang. Selanjutnya, campurkan semua bumbu yg sudah dihaluskan dan garam. Saat mau diangkat taburkan seledri yang sudah diiris halus. Angkat dan hidangkan selagi hangat. Bisa dikonsumsi untuk 6 orang.

Blog Archive