Daftar Isi

PELUANG USAHA BISNIS ONDERDIL DAN AKSESORIES MOTOR

Peluang usaha bisnis onderdil dan aksesories kendaran tidak lepas dari perkembangan teknologi transportasi yang saat ini boleh dibilang sangat signifikan. Perkembangan tersebut juga diikuti oleh perubahan pola hidup masyarakat. Banyaknya lembaga yang menawarkan fasilitas kredit kendaraan bermotor membuat daya beli masyarakat terhadap teknologi tersebut menjadi meningkat. Hampir setiap rumah tangga memiliki sepeda motor. Banyaknya sepeda motor tersebut juga mempengaruhi gaya hidup sehari-hari. Penampilan menjadi hal yang cukup penting. Bukan hanya penampilan fisik orang, akan tetapi penampilan kendaraan bermotor pun menjadi hal yang cukup mendapat perhatian. Apalagi dikalangan generasi muda, penampilan kendaraan yang lebih cantik akan meningkatkan rasa percaya diri mereka.

Seiring dengan fenomena tersebut, usaha bisnis onderdil dan aksesories kendaraan merupakan peluang usaha yang bisa menjadi alternatif untuk dicoba. Melayani kebutuhan masyarakat akan tuntutan penampilan memang tidak akan pernah habis ditelan jaman. Karena itu, sekarang banyak bermunculan penjualan onderdil dan aksesoris untuk mempercantik kendaaraan. Mulai dari yang paling sederhana yakni stiker aneka rupa, tutup pentil ban, knalpot, hingga aneka bagian lain dari kendaraan, dijual dengan harga yang beraneka pula. Ada yang merek China, ada yang merek pabrikan asli, semuanya bertujuan untuk memberi kenyamanan bagi si pengendara dan memenuhi tuntutan penampilan kendaraan yang ditumpangi.

Bagi Anda yang memiliki hobi utak-atik kendaraan bermotor, barangkali sembari iseng mengubah penampilan kendaraan, mengapa tidak sekalian terjun ke bisnis ini? Sambil menyelam, minum air. Atau sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Anda bisa menyalurkan hobi untuk mempercantik kendaraan, sekaligus bisa melayani penjualan berbagai aksesoris bagi orang yang juga ingin mempercantik kendaraannya.

Keuntungan penjualan aksesories ini berkisar antara 20-70 persen untuk setiap item barang, tentu saja tergantung harga beli dan kecepatan penjualannya. Untuk barang-barang moving, atau barang-barang yang umum dibutuhkan para penggemar kendaraan dan tingkat penjualannya cepat, tentu saja prosentase pengambilan keuntungannya lebih kecil. Barang-barang moving biasanya menjadi parameter untuk membuat kesan bahwa toko tersebut tergolong mahal atau tidak.

Sedangkan untuk barang-barang yang bersifat spesifik dan jarang dijual di toko aksesories lain, prosentasi keuntungan penjualan bisa lebih tinggi, bahkan tidak jarang yang mengambil keuntungan hingga 100% dari harga beli.

Jika usaha bisnis ini sudah berkembang, maka Anda tidak perlu susah-susah mencari barang dagangan. Biasanya untuk toko onderdil dan aksesories yang sudah berjalan, banyak yang dipercaya oleh agen atau seles pabrikan yang memproduksi onderdil dan aneka aksesoris ini. Tidak jarang sales-sales ini yang menerapkan sistem bayar belakang, dengan kata lain, Anda sudah bisa mendapatkan tambahan modal dari mereka.

Bagaimana menentukan jenis barang yang cepat laku di bisnis ini? Anda dapat melakukan survey ke teman-teman Anda dan menginventarisir berbagai aksesories yang sering dibutuhkan untuk mempercantik kendaraan mereka. Biasanya model dan tipe aksesories selalu berkembang dari waktu ke waktu. Untuk sepeda motor, yang paling sering diganti biasanya adalah velg dan knalpot. Untuk velg racing dan knalpot, keuntungan yang Anda dapat bisa bisa Rp50 ribu sampai Rp200 ribuan per item barang. Kemudian helm jenis sport, itu termasuk salah satu barang yang juga sering dicari. Untuk helm jenis ini untungnya sekitar Rp50 ribuan sampai Rp100 ribuan. Kemudian onderdil. Usahakan juga Anda melengkapi onderdil paling dasar seperti busi, kabel rem, kampas rem, rantai, serta beberapa onderdil lain. Dengan begitu, konsumen yang datang ke toko bisa mendapat semua kebutuhan yang diperlukan untuk kendaraannya hanya dari satu lokasi penjualan. Buat sebuah inovesi, yaitu dengan meningkatkan pelayanan, misalnya bebas pasang atau bonus ganti oli, sebagai sarana promosi.

LOKASI USAHA

Kunci utama di bisnis onderdil dan aksesoris kendaraan ini adalah lokasi. Carilah lokasi yang dekat kampus, kos-kosan, atau lokasi lain yang dekat dengan lalu lintas kendaraan bermotor. Biaya sewa ini bisa sangat bervariasi. Mungkin hanya Rp200 ribu per bulan, tapi bisa juga lebih dari itu. Apalagi, jika Anda menyewa di pusat perdagangan onderdil, Anda sudah tentu harus mengeluarkan biaya yang cukup besar. Biayanya berkisar Rp1-1,5 jutaan per bulan. Usahakan punya tabungan lebih dari usaha ini dan coba mulai investasikan juga untuk membeli tanah atau ruko ukuran sedang untuk memperbesar usaha nantinya.

Jika kebetulan di lokasi usaha ada toko lain yang menjual barang serupa atau mengelola usaha sejenis, maka jangan serta merta memposisikan mereka sebagai pesaing. Bilamana perlu ajak mereka untuk bekerja sama sehingga bisa saling melengkapi kekosongan barang dagangan. Upaya ini akan cukup efektif untuk menciptakan sebuah kesan bahwa daerah Anda menjadi tempat atau bahkan pusat aksesories kendaraan bermotor. Hal ini sangat penting dalam dunia bisnis.

MODAL KERJA

Modal kerja yang utama usaha ini adalah untuk menyediakan berbagai aksesoris dan onderdil sebagai barang dagangan. Layaknya penjual ritel, Anda harus kulakan aneka barang ini di dealer atau distributor di kota terdekat untuk mencari barang yang termurah. Makin minim harga yang diperoleh dari distributor, makin besar keuntungan yang bisa diraih dari penjualan barang tersebut.

Lihat : PANDUAN MENCARI MODAL USAHA

BIAYA OPERASIONAL

Untuk menjalankan usaha ini, sudah pasti perlu memperhitungkan juga biaya pengiriman barang. Sebab, tak jarang harus membeli barang dari kota lain agar diperoleh harga yang lebih murah. Selain itu, perhitungkan juga biaya telepon dan listrik untuk operasional. Sebab, kalau sudah punya hubungan baik dengan dealer atau distributor, nantinya Anda tinggal berkomunikasi melalui telepon saja. Jika usaha bisnis ini sudah berkembang dan membutuhkan karyawan untuk kelancaran usaha, maka biaya yang dikeluarkan untuk karyawan ini masuk dalam biaya operasional.

KARYAWAN

Untuk usaha yang masih dibuka di awal, pekerjanya cukup dua dulu. Apalagi, kalau Anda memang hobi mempercantik kendaraan sendiri, banyak konsumen yang nantinya akan lebih percaya pada sentuhan Anda dibanding dengan karyawan yang mengerjakan. Untuk itu, jangan lupa untuk terus memberikan pengertian dan pelatihan pada karyawan. Jika nanti makin berkembang, pertimbangkan untuk menambah karyawan untuk membantu kelancaran usaha. Bukan tidak mungkin, jika usaha semakin besar nantinya Anda tinggal mengawasi saja tanpa perlu turun tangan sendiri.

PROMOSI

Unsur pemasaran yang paling penting salah satunya adalah promosi. Nah, untuk usaha seperti ini Anda bisa memulai dengan menawarkan jasa kepada rekan atau teman dekat dulu. Kalau perlu, di awal beri jasa gratis agar terlihat ramai dulu usaha Anda ini. Kalau kelihatan ramai, orang yang lewat pasti akan tertarik. Cara lain, sebar brosur atau bahkan kalau perlu pasang ikian di media. Saat ini, banyak media yang dibagikan gratis ke komunitas-komunitas tertentu.

Jangan lupakan juga untuk mencari nama yang mudah diingat untuk usaha Anda ini. Sebab, jika nantinya sudah mulai dikenal, nama ini akan jadi poin penting untuk bisa terus mengembangkan usaha ini. Tak jarang, jika toko Anda makin lengkap plus harganya miring, akan makin dikenal dan dicari orang.

KENDALI KEUANGAN

Sekali lagi, perlu ditegaskan. Jangan lupakan masalah kendali keuangan atau perputaran modal bagi usaha bisnis ini. Sebab, tak jarang, bagi anak muda seperti Anda sering terjadi lapar mata kalau sudah melihat keuntungan di depan mata. Saat uang sudah mulai nampak di kantong, saat pendapatan meningkat, konsumsi pun ikut meningkat. Untuk mencegah hal ini terjadi, harus dipisahkan antara keuangan pribadi dan keuangan perusahaan atau usaha ini. Boleh saja mengambil sebagian keuntungan untuk dinikmati, tapi jangan lupakan investasi untuk mengembangkan dan memperbesar usaha.

Dengan hitungan yang tepat, Anda bisa menentukan kapan harus menyuntikkan modal tambahan serta kapan saatnya bersenang-senang dengan keuntungan yang diperoleh. Kelebihan lainnya dengan membuat kendali keuangan, Anda juga bisa menentukan target yang harus dicapai agar usaha bisa cepat berkembang.

Usaha seperti ini sekali lagi tergantung pada kemauan dan kemampuan Anda untuk mengelolanya. Kalau memang hobi utak-atik kendaraan, gunakan kendaraan Anda sebagai sarana promosi. Makin keren dan cantik, pasti orang akan bertanya di mana mendandani kendaraan Anda. Nah, dari situ Anda mulai menawarkan jasa. Nantinya, sudah tentu jika makin banyak pesanan, bisa mulai kulakan aneka barang yang paling banyak dicari konsumen yang ingin dipercantik kendaraannya. Dari sana, seiring dengan kepercayaan orang akan kemampuan Anda, barang aksesoris dan onderdil yang dipesan pun akan makin banyak. Dengan begitu, lama kelamaan Anda bisa jadi juragan toko onderdil dan aksesoris ini. Jadi, mulailah tekuni hobi Anda!

Blog Archive